Pengaruh Media Pembelajaran Multimedia Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa SD
Abstract
The purpose of this research was to determine the significant influence on the application of Multimedia Audio Visual to learning out comes of students class IV SD Negeri 1 Qurnia Mataram. The this research was an experiment with non equivalent control group design. The population of this research was 41 students class IV. The sample of research is 41 respondents. Instruments research used test and questionnaire. research the data analysing technique used tests statistic t-test pooled varians which was began by of normality test and homogenity test. The results of research showed that are influence multimedia audio visual to learning results of students with tcount 3,450 > ttable 2,022 (with α = 0,05).
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada penerapan media pembelajaran multimedia audio visual terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan yaitu non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV. Sampel penelitian berjumlah 41 responden. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji statistik t-test pooled varians yang diawali dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar siswa dengan thitung 3,450 > ttabel 2,021 (dengan α = 0,05).
Kata kunci: media, multimedia audio visual, hasil belajar
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Anderson, Bent B & Brink, Katja Van Den. 2013. Multimedia in Education Curriculum. UNESCO Institute for Information Technologies in Education. http://iite.unesco.org/pics/publications/en/files/3214723.pdf. Diakses pada 20 Oktober 2017.
Anderson, L.W & Krathwolh, D.R.2002 A Revision of Bloom’s Taxonomy: An Overview. The Ohio State University. http://www.depauw.edu/files/ resources/krathwohl.pdf. Diakses pada 20 Oktober 2017.
Arsyad, Azhar . 2011. Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo. Jakarta.
Ercan, Orhan. 2014. The Effects of Multimedia Learning Material on Students’ Academic Achievement and Attitudes Towards Science Courses. J. of Baltic Science Education. Vol.13 No.5: 608-621
Mahnun, Nunu. 2012. Media Pembelajaran (Kajian Terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implemnetasinya dalam Pembelajaran). Jurnal pemikir Islam. Vol.37 No.1: 28-33
Niarti, Novi. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Multimedia Interaktif Pada Materi Menyimak Untuk Siswa Kelas VI SD.Vol.5 No.1: 01-17
Permendikbud. 2013 Lampiran Permendikbud No 67 Tahun 2013. Kemdikbud. Jakarta.
Purwono, Joni. 2014. Penggunaan Media Audio Visual pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran. Vol.2 No.2: 127-144
Puspitasari, Desi. 2014. Pengembangan Multimedia Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Subtema Daur Air Di Sekolah Dasar.
Rais, Muh. 2015. Pengaruh Multimedia Persentasi Berbasis Prezi dan Gaya Belajar Tehadap Kempuan Mengingat Konsep. Jurnal Media Komunikasi Pendikan Teknologi dan Kejuruan. Vol. 2 No.1: 01-02
Sadiman. S & Arief S. 2011, Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan. dan Pemanfaatannya. Graha Grafindo Persada. Jakarta.
Sanjaya, Wina. 2014. Penelitian Pendidikan. Kencana Prenada Media Grup. Jakarta.
Shilpa, Singh & Sunita, Mishra. 2013. A Study About Role of Multimedia in Early Childhood Education. International Journal of Humanities and Social Science Invention.Vol.2 No.6: 80-85
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.
__________. 2012. Statistika untuk Penelitian. Alfabeta. Bandung.
Vaughan, Tay. 2011. Multimedia: Making It Work 8th Edition. McGraw-Hill. New York.
https://docs.google.com/file/d/0BzCgiiEWGmbORDF3NWhKdHVsbnc/edit?pli=1. Diakses pada 31 Oktober 2017.
Refbacks
- There are currently no refbacks.