Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik

Malida Ovita Sari, Een Y. Haenilah, Fitria Akhyar

Abstract

The problem of this study is the low learning outcomes of learners on thematic learning. This study aims to determine the effect of project based learning model on student learning outcomes. The method used in this research is quasi experiment method with nonequivalent control group design. This research uses purposive sampling technique. The instruments used are non test and test. Data were analyzed using simple linear regression test. The result of data analysis can be concluded that there is influence of project based learning model on student learning outcomes in the fourth grade thematic learning SD Negeri 1 Sumberhadi Lampung Timur

 

Masalah penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model project based learning terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  metode  quasi  experiment  dengan desain nonequivalent control group design. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah non tes dan tes. Data dianalisis menggunakan uji regresi linear sederhana. Hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model project based learning terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas IV SD Negeri 1 Sumberhadi Lampung Timur.

 

Kata kunci: Hasil Belajar, Model Project Based Learning, Pembelajaran Tematik.

References

Abidin, Yunus. 2016. Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung. PT Refika Aditama.

Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk implementasi kurikulum 2013. Jakarta. Bumi Aksara.

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta. Penerbit Gava Media.

Komalasari, Kokom. 2015. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung. Refika Aditama.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.