Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu

Riska Ayu Triswadani, Riswanti Rini, Maman Surahman

Abstract

The problem in this research is still the low of learning result in thematic learning in class IV SD Negeri 1 Ambarawa. This study aims to determine the differences and influence of audio visual media on thematic learning learning outcomes. This research is a pre experimental designs research with one group pretest posttest design. The population and sample of this research are all students of class IV SD Negeri 1 Ambarawa as many as 63 students. The main instruments used are tests and observation sheets. Data were analyzed by using t test formula and simple linear regression test. From the hypothesis testing can be concluded there is significant influence of audio visual media use to the result of thematic teaching learning of fourth graders of SD Negeri 1 Ambarawa and there is difference of thematic learning result learning using audio visual media.

 

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar pada pembelajaran tematik di kelas IV SD Negri 1 Ambarawa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan dan pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar pembelajaran tematik. Penelitian ini merupakan penelitian pre experimental designs dengan bentuk penelitian one group pretest posttest design.  Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 1 Ambarawa sebanyak 63 siswa. Instrumen utama yang digunakan adalah tes dan lembar observasi. Data di analisis dengan mengunakan rumus uji t dan uji regresi linier sederhana. Dari pengujian hipotesis dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar pembelajaran tematik siswa kelas IV SD Negeri 1 Ambarawa serta ada perbedaan hasil belajar pembelajaran tematik  menggunakan media audio visual.

 

Kata kunci : hasil belajar  pembelajaran tematik, audio visual.

References

Budiningsih, C. Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Kunandar. 2011. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Dalam Sertifikasi Guru. Jakarta : Rajawali Pers.

Rizki Handika Prastiawan dan I.G.P. Asto Buditjahyanto.2015. Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Teknik Elktronika Di SMK Negeri 2 Surabaya. http://scholar.google.co.id/scholar_url?url=http%3A%2F%2Fejournal.unesa.ac.id%2Farticle%2F16870%2F44%2Farticle.pdf&hl=id&sa=T&oi=ggp&ct=res&cd=0&ei=0bjGWqPvLNChywSe0qOoDA&scisig=AAGBfm1XaoPeclcvDdJf3_-IPHHmrBLpkA&nossl=1&ws=1366x63.

Pada Tanggal 14 Desember 2014.

Rusman dkk. 2015. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

____________. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung : Alfabeta.

Sudjana dan Rivai.1992. Media Pembelajaran. CV. Bandung : Sinar Baru.

Sugiyono.2013. Metode Penelitian. Jakarta : PT Alfabeta.

Uno, Hamzah B, dkk.2011. Teknologi Kounikasi dan Informasi pembelajaran, Jakarta : Bumi Aksara

Wati, Ega Rima. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta : Kata Pena.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.