Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Saintifik Terhadap Hasil Belajar Tematik Terpadu Peserta Didik

Selvina Dwi Pratiwi, Rochmiyati Rochmiyati, Sugiman Sugiman

Abstract

The problem of this research was the students’ result of integrated thematic learning was still low. This research aims to find out the effect of scientific learning model implementation to the students’ result of integrated thematic learning. This research was experiment design with quasi experiment as the method. The design of this research used nonequivalent control group design. This research used purposive sampling technique, with subject of research was students class IV A and IV B. The method of collected data in this research with instrument test and sheet of observation student activity which used scientific learning model implementation. The data analysis used simple linear regression. It can be concluded scientific learning model has affected the students’ result of integrated thematic learning.

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar peserta didik di SD Negeri 1 Surabaya. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penerapan model  pembelajaran saintifik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan metode quasi eksperimen. Desain penelitian menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Penelitian menggunakan probability sampling dengan subjek penelitian peserta didik kelas IV A dan IV B. Metode pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan lembar observasi aktivitas peserta didik pada model pembelajaran saintifik. Analisis data menggunakan rumus regresi sederhana. Hasil analisis menunjukkan ada pengaruh penerapan model pembelajaran saintifik terhadap hasil belajar tematik terpadu pada peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Surabaya tahun ajaran 2017/2018.

Kata kunci: hasil belajar, model pembelajaran saintifik, pembelajaran tematik terpadu.

References

Abidin, Y. 2012. Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung. Refika Aditama.

________. 2016. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung. Refika Aditama.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Dirjen Dikti Depdiknas.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.