Penerapan Pembelajaran Pendekatan Saintifik Untuk Mencapai HOTS Pada Pembelajaran Tematik Peserta didik

Ida Ayu Utami Wulan Sari, Erni Erni, Sugiyanto Sugiyanto

Abstract

The problem of the research is that the high thinking skill is Still low. The aim of the research is to investigate the effect of  scientific approach learning to achieve higher order thinking skill in thematic learning of IV grader. The research is an experimental research using experimental quasi. The research design used in it is nonequivalent control group design. It uses purposive sampling with research subject, as many as 49 students. The collecting data method that was applied is worksheet and observation paper of students activity. The researcher uses simple linear regretion to analyse data. From that, the result is 53,76 % is influenced by application of scientific approach to reach higher order thinking skill, while 46,24 %  is influenced by another variable that was not observed. Thus, it can be concluded that the application of scientific approach learning is influencial to reach higher order thinking skill of students.

 

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran pendekatan saintifik untuk mencapai Higher Order Thinking Skill pada pembelajaran tematik peserta didik kelas IV. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan metode quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu nonequivalent control group design. Penelitian menggunakan purposive sampling, dengan subjek penelitian semua peserta didik, sebanyak 49 peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan instrument tes hasil belajar dan lembar observasi aktifitas peserta didik. Analisis data menggunakan regresi linear sederhana. Hasil analisis data diperoleh 53,76 % dipengaruhi oleh penerapan pembelajaran pendekatan saintifik untuk mencapai Higher Order Thinking Skill. Sedangkan 46,24 % dipengaruhi variabel lain yang tidak di teliti. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran pendekatan saintifik berpengaruh pada ketercapaian Higher Order Thinking Skill.

Kata kunci: Higher Order Thinking Skill, penerapan pembelajaran pendekatan saintifik, pembelajaran tematik.

References

Kemendikbud. (2013). Lampiran Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Dick. W.,& Carey. L,. Mudiono, Alif ., Gipayana Muhana, Madyono Suhel. (2009). Developing of Integrated Thematic Learning Model through Scientific Approaching with Discovery Learning Technique in Elementary School, Vol. 3, No. 10, 2016, 19 27. http://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&ved=0ahUKEwiAvZLfsJ7aAhUCT48KHcLdDQgQFggqMAA&url=http%3A%2F%2Fiaiest.com%2Fdl%2Fjournals%2F3%2520IAJ%2520of%2520Social%2520Sciences%2Fv3-i10 oct2016%2Fpaper3.pdf&usg=AOvVaw09KSvXAwB3OKXjfq5fcsfy Diakses pada 3 April 2018 pukul 22.06 WIB.

Rofiah, Emi, Nonoh Siti Aminah, and Elvin Yusliana Ekawati.(2013). "Penyusunan Instrumen tes kemampuan berpikir tingkat tinggi fisika pada peserta didik SMP." Jurnal Pendidikan Fisika

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif dan R&D). Penerbit CV. Bandung : Alfabeta

Agus Sujarwanta. (2012). Mengkondisikan Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Saintifik. Jurnal Nuansa Kependidikan. Vol 16 Nomor.1, November 2012. Hal. 75-83.

Rusman. (2013). Model- Model Pembelajaran. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.