Pengaruh Pendekatan Kontekstual terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SD

Hanif Imam Prabowo, Suwarjo Suwarjo, Darsono Darsono

Abstract

The problem in this research is the low of science learning result of grade V student of SD Negeri 6 Metro Utara. The purpose of this research was to know the influence of contextual approach to the result of V grade student science. The type of the research was experiment research. The design used in this research was quasi experimental design. Population research is all of students V grade, the sample consists 26 students VA class and 27 student VB class. The determination of research sample used purposive sample. Data collection tools used cognitive tests. The data analysis was used t-test pooled varians. The learning results of this research was limited only to the cognitive domain. The result showed that there was a significant influence on the application of contextual approach to the students science learning outcomes.

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 6 Metro Utara. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pendekakatan kontekstual terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V, sampel terdiri dari 26 siswa kelas VA dan 27 siswa kelas VB. Penentuan sampel penelitian menggunakan purposive sample. Alat pengumpul data menggunakan tes kognitif. Analisis data uji statistik t-test pooled varians. Hasil belajar dalam penelitian ini dibatasi hanya pada ranah kognitif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan pendekakatan kontekstual terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V.

Kata kunci: kontekstual, hasil belajar, IPA.

References

Ariestuti, Putu Dewi. 2014. Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SDN 3 Tonja Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 2, No. 1, 2014.

BSNP. 2006. Standar Isi untuk Satu-an Pendidikan Dasar dan Me-nengah. Jakarta. BNSP.

Fadillah. 2014. Implementasi Kuriku-lum 2013. Yogyakarta. Ar-Ruzz Media.

Komalasari, Kokom. 2014. Pembelajaran Kontekstual (Konsep dan Aplikasi). Bandung. PT Refika Aditama.

Laksana, Dek Ngurah Laba. 2016. Pembelajaran Kontekstua Berbantuan LKS dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA dan Aktivitas Belajar Siswa SD. STKIP Citra Bakti . Vol. 2, No. 1, 2016.

Maghfiroh, Leny. 2014. Penerapan Model Pembelajaran CTL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. JPGSD. Vol. 2, No. 2, 2014.

Masduki. 2016. Improving Teaching Quality and Problem Solving Ability Through Contextual Teaching and Learning in Differential Equations: A Lesson Study Approach. Journal of Research and Advances in Mathematics Education. Vol. 1, No. 1, January 2016.

Munib, Achmad. 2004. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang. UPT Unnes Press.

Purwanti, Anna Dwi. 2012. Penerapan Pendekatan Kon-tekstual untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Iliah Guru. Vol. XVI, No. 02, November 2012.

Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakrta. Pustaka Belajar.

Savickienė, Izabela. 2010. Conception of Learning Outcomes In The Bloom’s Taxonomy Affective Domain. Lithuania. Vytautas Magnus University.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta. Prenadamedia Group.

UU RI No.20 Tahun 2003. Undang-Undang SISDIKNAS 2003. Sinar Grafika. Jakarta.

Yumuşak, Güngör Keskinkılıç. 2016. Science Process Skills in Science Curricula Applied in Turkey. Journal of Education and Practice. Vol.7, No.20, 2016.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.