Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TSTS Terhadap Hasil Belajar

Dwi Okta Kurnya Sari, Fitria Akhyar, Riyanto M. Taruna

Abstract

The problem of this research was the students result of thematic learning was still low. This study aims to find out the effect of cooperative learning type two stay two stray implementation to the students result of thematic integrated learning. The method of this research was experimental research which used nonequivalent control group design. The result shows there is a significant effect of the cooperative learning type two stay two stray implementation to the students result of thematic learning at the fourth grade students of SDN 8 Simpang Pematang academic year 2017/2018.

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar siswa di SD 8 Simpang Pematang. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray terhadap hasil belajar tematik terpadu peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan design nonequivalent control group design. Hasil Penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan dalam penerapan model kooperatif tipe two stay two stray terhadap hasil belajar tematik terpadu peserta didik kelas IV SD Negeri 8 Simpang Pematang tahun ajaran 2017/2018.

Kata kunci: hasil belajar, two stay two stray, pembelajaran tematik terpadu.

References

Aziz, Azmahani A., Khairiyah M. Yusof, and Jamaludin M. Yatim. (2012). "Evaluation on the Effectiveness of Learning Outcomes from Students Perspectives." Procedia-Social and Behavioral Sciences 56): 22-30.

Budiningsih, Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta.

Dasir, S., Marhadi, H., & Antosa, Z. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tsts (Two Stay Two Stray) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 008 Lubuk Siam. Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau. Vol 3. No (2), 1-12.

Ismawati, N., & Hindarto, N. (2011). Penerapan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan struktural two stay two stray untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, Vol.7, No 1.

Pratiwi, Ni Kadek Candra dkk (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar IPA. Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.Bali. Vol 04, No. 1.

Rediarta, I. W., Sudarma, I. K., & Murda, I. N. (2014). Pengaruh Model Kooperatif Two Stay Two Stray terhadap Hasil Belajar IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, Vol.2.No.1.

Rusman. 2017. Model-model pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru) Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Wangid, M. N., Mustadi, A., Erviana, V. Y., & Arifin, S. (2014). Kesiapan guru SD dalam pelaksanaan pembelajaran tematik-integratif pada kurikulum 2013 di DIY. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 175- 182.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.