COOPERATIVE LEARNING TIPE SCRAMBLE DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GRAFIS PADA PEMBELAJARAN IPS SD

Septi Arianingsih, Darsono Darsono, Mugiadi Mugiadi

Abstract

This research was classroom action research method. Test and non test were used as the data collecting technique. Test and obserbation were used as the data collecting method. Qualitative and quantitative technique were used to analyze data. The research result showed that implementing coopereative learning model in scramble type by using graphic media can increase the students’ motivation and learning result.

Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik non tes dan tes. Alat pengumpul data berupa lembar panduan observasi dan soal tes formatif. Teknik analisis data berupa analisis deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Cooperative Learning tipe Scramble dengan menggunakan media grafis dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Kata kuncimotivasi, scramble, media grafis, IPS.

References

Arikunto, Suharsimi, Suhardjono dan Supardi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara. Jakarta.

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Gava Media. Yogyakarta.

Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Kurikulum Tingkat

Satuan Pendidikan. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.

Hanafiah, Nanang & Cucu Suhana. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Refika Aditama. Bandung.

Komalasari, Kokom. 2011. Pembelajaran Kontekstual. Refika Aditama. Bandung.

Mudyahadjo, Redja. 2006. Pengantar Pendidikan. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Muslich, Masnur. 2012. Melaksanakan PTK Itu Mudah (classroom action research) Pedoman Praktis Bagi Guru Profesional. Bumi Aksara. Jakarta.

Sardiman. 2011. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Sapriya, Tuti Istianti dan Effendi Zulkifli. 2006. Pembelajaran dan Evaluasi Hasil Belajar IPS. UPI PRESS. Bandung.

Sriudin. 2011. Model Pembelajaran Scramble. http:// www. sriudin.com /2011/07/model-pembelajaran-scramble.html. Diakses pada tanggal 14 Desember 2012 @ 13.40.

Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Suprijono, Agus. 2010. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Pustaka Belajar. Yogyakarta.

Tim penyusun. 2011. UU No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sinar Grafika. Jakarta.

Winataputra, Udin S, dkk. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Universitas Terbuka. Jakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.