Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Tematik

Risca Yumithasari, Erni Erni, Riyanto M. Taruna

Abstract

The problem of this research was the students result of thematic learning was still low. This study aims to find out the effect of cooperative learning type make a match implementation to the students result of thematic learning. The method of this research was experimental research which used nonequivalent control group design. The result shows there is a significant effect of the cooperative learning type make a match implementation to the students result of thematic learning at the fourth grade students of SDN 1Sukabumi Indah academic year 2017/2018.

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar siswa di SD Negeri 1 Sukabumi Indah. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar tematik siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan design nonequivalent control group design.. Hasil Penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan dalam penerapan model kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar tematik siswa kelas IV SD Negeri 1 Sukabumi Indah tahun ajaran 2017/2018.

Kata kunci: hasil belajar, model pembelajaran kooperatif tipe make a match, pembelajaran tematik.

References

Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovasi, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Budiningsih, Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono.2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2011. KurikulumdanPembelajaran. Jakarta: BumiAksara.

Purwanto, Ngalim. 2008. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana.

Siregar, Eveline dan Hartini Nara. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.