Hubungan Aktivitas Belajar Menggunakan Model Teams Games Tournament Dengan Prestasi Belajar Matematika

Fedrik Irawan, M. Thoha B.S. Jaya, Riyanto M. Taruna

Abstract

The problems in this study is the achievement of learning mathematics is still low. The purpose of this research is to know the correlation between learning activity using teams games tournament learning achievement in fourth grade IV of SD Negeri 2 Pinang Jaya Bandar Lampung Academic year 2016/2017. sample in this study were all students of class IV which amounted to 30 students. Research method using quantitative method, with kind of correlation shows that, colleting data on this research is observations, the test, and the documentation. There is a positive correlation between learning activity using teams games tournament learning model with mathematics learning achievement.



Masalah dalam penelitian ini adalah prestasi belajar matematika masih rendah. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara aktivitas belajar menggunakan model pembelajaran teams games tournament dengan prestasi belajar matematika pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Pinang Jaya Bandar Lampung tahun ajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 30 siswa. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif, dengan jenis penelitian korelasi, pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, test dan dokumentasi. Hasil analisis data menggunakan korelasi serial menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif dan erat antara aktivitas belajar menggunakan model pembelajaran teams games tournament dengan prestasi belajar matematika.

Kata kunci: aktivitas belajar, teams games tournament, dan prestasi belajar matematika.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Rineka Cipta.

Hanafiah, Nanang dan Cucu Suhana. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung. PT Refika Aditama.

Isjoni. 2011. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasaan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta. Pustaka Belajar.

Kiranawati, 2007, Pembelajaran kooperatif tipe TGT (Http://gurupkn.wordpress.com/2007/11/13/metode-team-gamestournament-tgt diaksestanggal 15 Desember 2016)

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Kemendikbud.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.