Pengaruh Teknik Pembelajaran Akrostik Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran IPS

Dwi Marina Sari S., Rochmiyati Rochmiyati, Erni Mustakim

Abstract

Problems in this study is the low achievement of students in the subjects of social studies students of class V SD Negeri 1 Palapa Bandar Lampung. The purpose of research to solve the influence of akrostik learning techniques on student achievement. The method used is quantitative research method with pretest-posttest control group design design. The data is collected by using simple total sampling technique that is all students of grade V SD Negeri 1 Palapa. Data were analyzed with parametric statistics using T or T test. The results of the study there are significant differences in the experimental group before and after the application of acrostic learning techniques on student achievement on the subjects of social studies.

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPS siswa kelas V SD Negeri 1 Palapa Bandar Lampung. Tujuan penelitian untuk menyelesaikan pengaruh teknik pembelajaran akrostik terhadap prestasi belajar siswa. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain pretestposttest control group design. Data dijaring dengan menggunakan teknik simple total sampling yaitu seluruh siswa kelas V SD Negeri 1 Palapa. Data dianalisis dengan statistik parametrik menggunakan uji T atau T test. Hasil penelitian terdapat perbedaan yang signifikan pada kelompok eksperimen sebelum dan setelah penerapan teknik pembelajaran akrostik terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS.

Kata kunci: IPS, prestasi belajar, pembelajaran akrostik.

References

Arikunto, Suharsimi. 2009 . Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Hamruni. 2012. Strategi dan Pembelajaran. Yogyakarta : Insan Madani.

Iskandar, Agung.2012. Panduan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Jakarta: Bentari Buana Murni.

Muhibbin, Syah. 2008. Psikologi Belajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sardiman, A.M2009. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Seto, Mario. 2011. Positive thingking vs Positive Attitude. Yogyakarta: Locus.

Sudjiman, Panuti. 1986. Kamus Istilah Sastra. Jakarta : Gramedia.

Sugiyono. 2012. Statistik Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung :Alfabeta.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.