Hubungan Kedisiplinan Dengan Hasil Belajar Tema 9 Subtema 1 Siswa Kelas IV SD

Rosalia Apriani, Herpratiwi Herpratiwi, Riyanto M. Taruna

Abstract

The problem in this research is the low in study result of 9 theme the subtheme 1 of fifth year students of SD Negeri 5 Jatimulyo Lampung Selatan. The aim result is to be known the relation batween discipline result with study result. In this result method is quantitative and correlation. The result population is 102 the fifth year students of SD Negeri 5 Jatimulyo Lampung Selatan, with 26 students sample because this technique to imperate sample is random sampling. The data with inquiry and documentation. The result of the data analysize technique is formulation of correlation product moment, the positive relation and signification between discipline with study result with r count big is 0,444 the bigger for the r table is 0,388.

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar pada tema 9 subtema 1 siswa kelas IV SD Negeri 5 Jatimulyo lampung selatan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan antara kedisiplinan siswa dengan hasil belajar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Negeri 5 jatimulyo lampung selatan berjumlah 102 siswa, dengan sampel sebanyak 26 siswa, karena teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah Random Sampling Pengumpulan data dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Hasil dari teknik analisis data menunjukan bahwa, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kedisiplinan dengan hasil belajar dengan rhitung sebesar 0,444 lebih besar dari pada rtabel yaitu sebesar 0,388.

Kata kunci: hasil belajar, kedisiplinan, tematik.

References

Arikunto, Suharismi . 2010. Prosedur Penelitian Sebuah Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. 2003. Undang-undang Nomor 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) Republik Indonesia. Jakarta: Depdiknas.

Rifa?i, 2009. Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES PRESS.

Syah. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Tuu, Tulus. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.