Hubungan antara Kecerdasan Emosional dan Aktivitas Belajar dengan Prestasi Belajar IPA SD

Zarra Aulia Kusumawardani, Darsono Darsono, Sulistiasih Sulistiasih

Abstract

The problems in this study was the students who have not been able to manage their emotional intelligence effectively and the tendency of lazy and lack of enthusiasm in learning. The purpose of this study was to determine activities with the achievement of science learning students in grade IV SD Negeri 1 North Metro. The type of research was correlational research. The population in this study amounted to 59 students who as well as a sample of research. Data collection techniques used are observation, documentation and questionnaire. The results showed that there is a relationship between emotional intelligence and learning activities with learning achievement of IPA.


Permasalahan dalam penelitian ini adalah peserta didik yang belum mampu mengelola kecerdasan emosionalnya secara efektif serta kecenderungan malas dan kurang semangat dalam belajar. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui kesignifikansian hubungan antara kecerdasan emosional dan aktivitas belajar dengan prestasi belajar IPA peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Metro Utara. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 59 peserta didik yang sekaligus menjadi sampel penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara kecerdasan emosional dan aktivitas belajar dengan prestasi belajar IPA.


Kata kunci: kecerdasan emosional, aktivitas belajar, prestasi belajar.

References

Al-Karimah, Nur Fadhilah. (2012) tentang hubungan antara kecerdasan emosional dan motivasi belajar dengan pres-tasi belajar siswa kelas VIII MTsN Ngemplak Boyolali. Surakarta. Universitas Muhamadiyah Surakarta.

Asmara. 2009. Prestasi Belajar. Bandung. PT. Remaja Rosda-karya.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Repu-blik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Depdagri.

_____. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta. Depdagri.

Goleman, Daniel. 2015. Emotional Intelligence. Penerjemah: T. Hermaya. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar: Bandung. CV. Pustaka Setia.

Mustaqim. 2012. Psikologi Pen-didikan. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Semiawan, Cony R. 2008. Belajar dan Pembelajaran Prasekolah dan Sekolah Dasar. Jakarta. PT. Index.

Prawitasari, J.E. 1998. Kecerdasan Emosional. Yogyakarta. Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.

Riduwan. 2012. Dasar-Dasar Statis-tika. Bandung. Alfabeta.

Saminanto, 2010. Ayo Praktik PTK: Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Rasail Media Group.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta. PT Bumi Aksara.

Wahyuningsih, Amalia Sawitri. 2004. Hubungan Antara Ke-cerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar pada Siswa Kelas II SMU Lab School Jakarta Timur. Jakarta. Universitas Persada Indonesia Y.A.I.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.