Hubungan Bimbingan Orang Tua dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD

I Made Suteja, Een Y. Haenilah, Maman Surahman

Abstract

The problem in this research was the low mathematics learning achievement of fourth grade students of SD Negeri 1 Patoman of Pringsewu Regency in the academic year of 2016/2017. This research aimed to determine the relationship between parental guidance with mathematic learning achievement in fourth grade students of elementary school. The method used in this research is quantitative. The population in this research amounted to 67 students with sample of research in the fourth grade B of 32 students. Data collection in this research used questionnaire and documentation, while data analysis using correlation analysis with serial correlation formula. The results of data analysis showed a significant relationship between parental guidance with mathematic learning achievement.

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 1 Patoman Kabupaten Pringsewu Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara bimbingan orang tua dengan prestasi belajar matematika pada siswa kelas IV SD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 67 siswa dengan sampel penelitian pada kelas IV B yang berjumlah 32 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan angket dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan analisis korelasi dengan rumus korelasi serial. Hasil analisis data menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara bimbingan orang tua dengan prestai belajar matematika.

Kata kunci: bimbingan orang tua, prestasi belajar, pembelajaran matematika.

References

Budiningsih, C. Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. PT. Rineka Cipta:

Daradjat, Zakiah dkk. 2004. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta. Grafindo.

Nurihsan, Achmad Juntika. 2011. Bimbingan dan Konseling. Bandung. PT. Refika Aditama.

Permendikbud Nomor 67 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar

Prayinto & Erman Amti. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta. PT Rineka Cipta.

Sardiman, A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Surya, Mohamad. 2004. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung. Pustaka Bani Quraisy.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta. Prenada Media Grup.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta Depdiknas.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.