Peningkatan Hasil Belajar Melalui Metode Problem Solving pada Pembelajaran IPS Siswa SD

Ragil Alif Utama, Mugiadi Mugiadi, A. Sudirman

Abstract

The aim of this research was to improve the learning outcomes of IPS through problem solving method on learning IPS in fourth grade students of SD Negeri 9 Metro Pusat. This research was classroom action research and the subject was teacher and fourth grade student. The data collection is done by observation and test, using observation sheets and test. The collected data were analyzed by qualitative and quanitative. Research result showed that implementation of problem solving method can increase learning outcomes of student.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui metode problem solving pada pembelajaran IPS siswa kelas IV SD N 9 Metro Pusat. Jenis penelitian ini adalah PTK dan subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes, menggunakan lembar observasi dan soal-soal tes. Data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode problem solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci: hasil belajar, IPS, problem solving

References

Afcariono, Muchamad. 2008. Pnrapan Pembelajaran Berbasia Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi. Yogyakarta. UMY.

Bower H.G & Hilgard, E.R. (1987). Teori Of Leraning. New Delhi. Prentice-Hall Of India Private Limited.

Cahyaningrum. Alvi. 2013. Penggunaan Metode Problem Solving Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran PKn Kelas V SD Negeri 7 Metro. Bandar Lampung. Universitas Lampung.

Djamarah & Zain. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Rineka Cipta.

Karsidi. 2007. Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SD dan MI. Solo. Tiga Serangkai.

McNiff, Jean. (1992). Action Research; Principles and Practice. London. Routledge.

Nora Dhany, Ika. (201). Pengembangan perangkat pembelajaran Model ideal problem solving Materi dimensi tiga kelas x. Malang. UNES.

Permana, Erwin Putera. 2011. Meningkatkan hasil belajar melalui metode problem solving dalam pembelajaran IPS di kelas IV SDN Kotes 01 Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar. Malang. Universitas Negeri Malang.

Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran. Bandung. Raja Grafindo.

Skeel. Dorothy J. (1995). Elementary Social Studies-Challenger For Tomorrows world. United States Of America. Harcourt Brace Collage Publisher.

Sriyanto (2014b). Perilaku Asertif dan Kecenderungan Kenakalan Remaja Berdasarkan Pola Asuh dan Peran Media Massa. Jurnal Psikologi. Volume 41 Hal. 74-78.

Suharjo. 2006. Mengenal Pendidikan Sekolah Dasar Teori dan Praktek. Jakarta. Direktorat Pendidikan Tinggi.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta. PT. Fajar Interpratama.

Widya Utami. Hermin. 2016. Penerapan Metode Problem Solving Melalui Mediavisual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matemtika Siswa Kelas IV SD Negeri 10 Metro Pusat. Bandar Lampung. Universitas Lampung.

Winataputra. 2008. Materi dan Pembelajaran IPS SD. Jakarta. Universitas Terbuka.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.