Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V

Isnaini Wijayani, Een Y. Haenilah, Sugiman Sugiman

Abstract

The problems in conducting this research were the low of students' students' learning achievement at fifth grade of SD Negeri 1 Waringinsari Barat Pringsewu District. The aim of this research was to find out whether there was a possitive relationship between students' learning motivation and students' learning achievement at fifth grade students of SD Negeri 1 Waringin Barat. The research design was quantitative research design. The population of this research were all fifth grade students of SD Negeri 1 Waringinsari Barat which consisted of 32 students and all of the students became the sample in this research. The result of this research showed that there was a positive relationship between learning motivation and students' learning achievement with the correlation coefficient was 0.469.

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Waringinsari Barat Kabupaten Pringsewu. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang positif antara motivasi belajar dengan prestasi belajar pada siswa kelas V SD Negeri 1 Waringinsari Barat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 1 Waringinsari Barat yang berjumlah 32 siswa, sampel dalam penelitian ini adalah keseluruhan dari jumlah populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif antara motivasi belajar dengan prestasi belajar yang memiliki koefesien korelasi sebesar 0,469.

Kata kunci : motivasi belajar, prestasi belajar, IPS

References

Arikunto, Suharismi . 2010. Prosedur Penelitian Sebuah Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Dalyono. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Kemendibud. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Kemendikbud: Jakarta

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.