Perbedaan Hasil Belajar IPS dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick

Vegita Yulia Wardani, Sultan Djasmi, Loliyana Loliyana

Abstract

The problem in this research was the low learning result of fourth grade students in IPS subject. The purpose of this study was to determine whether or not differences in IPS learning outcomes after using cooperative learning model of talking stick type in grade IV students. The research method used is Pre-Experimental Designs with type One-Group Pretest-Posttest Design. Technique of collecting data used test. Variable in this research was single variable that was result of learning. Data were analyzed by wilcoxon test. This study concluded that there are differences in learning results of IPS by using cooperative learning model of talking stick type in grade IV students.

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar IPS sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick pada siswa kelas IV. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental Designs dengan jenis One-Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes.Variabel dalam penelitian ini adalah variable tunggal yaitu hasil belajar. Data dianalisis dengan uji wilcoxon. Penelitian ini menyimpulkan adanya perbedaan hasil belajar IPS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick pada siswa kelas IV

Kata kunci: hasil belajar, IPS, Talking Stick.

References

Afrian, Deni Ahmad. 2016. Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPS SiswaKelas V MIN 7 Kota Bumi Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi diterbitkan. Universitas Lampung. Diakses di http://digilib.unila.ac.id/22289/2/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf pada tanggal 13 Januari 2017.

Andi, NurdinHastin. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Dalam Mata Pelajaran IPS Berbantuan Media Gambar Pada Siswa Kelas V Di SD Inpres Bobolon. Jurnal Kreatif Tadulako Online. Sulawesi Selatan. Diakses dihttp://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/issue/view/663 pada tanggal 13 Januari 2017

Arsita, Sari Ressa. 2014. Hubungan Minat Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar IPS di SD Gugus 1 Kabupaten Kepahiang. Skripsi diterbitkanUniversitas Bengkulu: Bengkulu. Diakses di http://repository.unib.ac.id/8784/ pada tanggal 13 Januari 2017

Fajar, Arni. 2004. Portopolio Dalam Pembelajaran IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Huda, Miftahul. 2012. Model-Model Pembelajaran dan Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Marya, Nurlita. 2011. Perbedaan Hasil Belajar IPS Siswa Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Talking Stick Dan Metode Talking Chip Di Mts Jamiyatul Khair. Skripsi diterbitkan.Universitas Islam Syarif Hidayatullah: Jakarta. Diakses di http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/5108/1/102183-NURLITA%20MAYA-FITK.PDF pada tanggal 7 Agustus 2017.

Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Trianto. 2014. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.