HUBUNGAN ANTARA MINAT BACA DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS

Widiananto Widiananto, Erni Mustakim, Riyanto M. Taruna

Abstract

The problems in this research were the low of students social study learning achievement and the less of reading interest fourth grade student of SDN II Terbanggi Subing Gunung Sugih Lampung Tengah. The purpose of this study was to determine the relationship between reading interest with student learning achievement IPS. The research method used correlation research. Population in this research was all fourth grade student of SDN II Terbanggi Subing Gunung Sugih Lampung Tengah. The sample in this research were 66 students. Data collection techniques used documentation and questionnaire / questionnaire techniques. The results of data analysis showed there was a positive relationship between reading interest with the achievement of IPS students learning grade IV SDN II Terbanggi Subing Gunung Sugih. Lampung with correlation coefficient value of 5.293

Masalah dalam penelitian ini adalah prestasi belajar IPS siswa rendah dan minat baca siswa kurang pada kelas IV SDN II Terbanggi Subing Gunung Sugih Lampung Tengah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara minat baca dengan prestasi belajar IPS siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN II Terbanggi Subing Gunung Sugih Lampung Tengah. Sampel pada penelitian ini sebanyak 66 siswa yang merupakan penelitian populasi. Teknik pengumpulan data mengunakan teknik dokumentasi dan kuisoner/angket. Hasil analisis data mengunakan korelasi product moment diperoleh t hitung lebih besar dari ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti terdapat hubungan yang positif antar minat baca dengan prestasi belajar IPS siswa kelas IV SDN II Terbanggi Subing Gunung Sugih. Lampung Tengah diterima.

Kata kunci : minat baca, prestasi belajar, IPS

References

Emzir. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suwaryono, Wiryodijoyo. 2010. Membaca Strategi Pengantar dan Tekniknya. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Tarigan, Henry Guntur. 2010. Membaca Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung : Penerbit Angkasa.

Undang-Undang No. 20. 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdikbud.

Wahadaniah, Herman. 2012. Cerdas Berbahasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.