Penerapan Model Group Investigation untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS

Lady Astria Prayogi, Suwarjo Suwarjo, Siswantoro Siswantoro

Abstract

The objective of the research were to improve student activity and learning outcomes throught cooperative learning model of group investigation type on IPS learning. This research used classroom action research which was consisted of two cycles, each of cycles has four stages, they are: (1) planning, (2) implementation, (3) observation, and (4) reflection. Data collection was done by observation and test used observation sheet and test questions. While, the data were analyzed by using qualitative and quantitative methods. Based on the data analyed, showed that cooperative learning model of group investigation type is able to increase student learning activity and result.

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada pembelajaran IPS. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari dua siklus. Setiap siklus memiliki empat tahapan, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi.Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes menggunakan lembar observasi dan soal-soal tes.Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwamodel pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa.

Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, group investigation, IPS.

References

Ahmad, Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta:Kencana Prenada Media Group.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:PT Bumi Aksara.

Faradilla, Abrina Putri. 2016. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation pada Pembelajaran IPS Kelas IVB SD Negeri 2 Kesumadadi Lampung Tengah. Universitas Lampung.

Isjoni. 2009. Cooperative Learning EfektivitasPemebelajaran Kelompok. Bandung:Alfabeta.

Kasmadi & Sunariah, Nia Siti. 2014. Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta: Rajawali.

Kurniasih. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Jakarta:Kata Pena.

Mira, Ardi Yeni. 2016. Penerapan Model Kooperatif tipe Group Investigation untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 1 SiliwangiUniversitas Lampung.

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sadiman. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:Rajawali Pers.

Sisdiknas. 2003. Undang-Undang RI No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas RI.

Slavin, Robert. E.2005. Cooperative Learning. Bandung:Nusa Media.

_______. 2010. Cooperatif Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Suharjo. 2006. Mengenal Pendidikan Sekolah Dasar Teori dan Praktek. Jakarta :Depdiknas.

Susilawati & Rustati, Ita . 2013. Pembelajaran dan Evaluasi Hasil Belajar IPS.Bandung: Upi Perss.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.