Hubungan Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial

Mareta Ulfa, Sarengat Sarengat, Alben Ambarita

Abstract

The purpose of this study to determine of the relationship to the learning style on learning achievement of social studies. This type of research was correlational research. The population of this research consisted of 43 students and sample here taken based on proporsionate stratified random sampling technique as many as 30 students of class V students of SDN 10 Metro Timur. Data were analyzed using pearson product moment with the Statistical Product and Service Solutions (SPSS) program. The results obtained by the value of correlation coefficient (r = 0,74). The results of the research showed that there is a significant relationship between learning styles on the learning achievement.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan gaya belajar terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional. Populasi penelitian ini berjumlah 43 orang siswa dan sampel diambil berdasarkan teknik proporsionate stratified random sampling yaitu sebanyak 30 orang siswa kelas V SDN 10 Metro Timur. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) dan tes. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment dan program Statistical Product and Service Solutions (SPSS). Hasil penelitian diperoleh nilai koefisien korelasi (r = 0,74). Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara gaya belajar terhadap prestasi belajar dengan nilai koefisien korelasi r = 0,74.

Kata kunci: gaya belajar, prestasi belajar, ilmu pengetahuan sosial



References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Rineka Cipta.

Gunawan, Adi W. 2004. Genius Learning Strategy. Jakarta. PT. Ikrar Mandiri Abadi.

Mulyasa, Enco. 2008. Implementasi KTSP. Jakarta. Bumi Aksara.

Munif, Chatib. 2012. Sekolahnya Manusia. Bandung. KAIFA.

Pourhosein, Abbas Gilakjani. a Match or Mismatch Between Learning Styles of the Learners and Teaching Styles of the Teachers. I.J.Modern Education and Computer Science, 2012, 11, 51-60 Published Online December 2012 in MECS. (http://www.mecs-press.org/) DOI: 10.5815/ijmecs.2012.11.05.

Pujiarti, Amin. 2013. Hubungan Antara Gaya Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Percobaan 4 Wates Kulon Progo Tahun Ajaran 2012/2013.http://eprints.uny.ac.id/15771/1/SKRIPSI%20AMIN%2009108241017%20PDF.pdf. Diakses tanggal 10 September 2016 pukul 19.00 WIB.

Riduwan. 2009. Belajar Mudah Penelitian. Bandung. Alfabeta.

Sanjaya, Wina. 2014. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.

Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas). 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Sistem Pendidikan Nasional Republik Indonesia.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta. Rineka Cipta.

Sugihartono. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta. UNY Press.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta.

Sukardi. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara.

Tulus, Tuu. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta. Grasindo.

Uno, Hamzah B. 2008. Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta. PT. Bumi Aksara.

Wingkel, WS. 2004. Psikologi Pengajaran. Jakarta.PT. Grasindo.

Yusuf, Muri. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta. Prenadamedia Group.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.