PENGARUH PERILAKU BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE NHT TERHADAP HASIL BELAJAR IPS

Rini Apriani Lukman, Nazaruddin Wahab, Arwin Achmad

Abstract

Problems in this study is still low learning outcomes IPS students and teachers have not applied NHT type cooperative model in learning in class V SD Negeri 1 Rajabasa Raya. The method used in this research is the quasi experiment method with the design of the Nonequivalent Control Group Design study. The sampling technique uses a saturated sample. Data collection techniques are tests, observations and documentation. Data were analyzed using simple linear regression test and t test. The result of simple linear regression analysis obtained the conclusion that there is influence of learning result of IPS student using NHT type cooperative learning model in class V SD Negeri 1 Rajabasa Raya. While the results of t test analysis concluded that there are differences in learning outcomes IPS students using NHT type cooperative model with the results of IPS learning students using the lecture method in class V SD Negeri 1 Rajabasa Raya.

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar IPS siswa dan guru belum menerapkan model kooperatif tipe NHT dalam pembelajaran di kelas V SD Negeri 1 Rajabasa Raya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi experiment dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data adalah tes, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan uji regresi linier sederhana dan uji t. Hasil analisis regresi linier sederhana diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh hasil belajar IPS siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada kelas V SD Negeri 1 Rajabasa Raya. Sedangkan hasil analisis uji t diperoleh kesimpulan bahwa ada perbedaan hasil belajar IPS siswa yang menggunakan model kooperatif tipe NHT dengan hasil belajar IPS siswa yang menggunakan metode ceramah pada kelas V SD Negeri 1 Rajabasa Raya.

Kata kunci: pembelajaran kooperatif, model kooperatif tipe NHT, dan hasil belajar IPS

References

Isjoni. 2011. Cooperative Learning Mengembangkan Kemampuan Belajar Kelompok. Bandung. ALFABETA.

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung. ALFABETA.

UU RI No 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas. Jakarta. Kemendikbud.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.