HUBUNGAN AKTIVITAS BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS BERBASIS TEMATIK SISWA KELAS IV

Garnis Dese Ininta, Fitria Akhyar, Erni Mustakim

Abstract

The problem in this research is low achievement of social studies and activity in learning less support. The purpose of this research is to determine the relationship between learning activities with student achievement. The method of this research is descriptive correlation. Population in this research is all IV graders of SD Negeri 2 Sukoharjo II. The sampling technique in this study used cluster proportional random sampling technique amount 28 students. Independent variable in this research is student learning activity in learning. The dependent variable in this study is student's social studies learning achievement. Data collection techniques used are observation, documentation, and tests. By using a simple serial correlation formula to test the hypothesis, the results of this study indicate that there is a positive and very close relationship between learning activities with learning achievement IPS-thematic-based fourth-grade students SD Negeri 2 Sukoharjo II Pringsewu District.

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar IPS, aktivitas dalam pembelajaran kurang mendukung. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara aktivitas belajar dengan prestasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 2 Sukoharjo II. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik cluster proportional random sampling yaitu sebanyak 28 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran. Variabel terikat pada penelitian ini adalah prestasi belajar IPS siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Dengan menggunakan rumus korelasi serial sederhana untuk menguji hipotesis, maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan sangat erat antara aktivitas belajar dengan prestasi belajar IPS berbasis tematik siswa kelas IV SD Negeri 2 Sukoharjo II Kabupaten Pringsewu.

Kata Kunci: aktivitas belajar, prestasi belajar, ilmu pengetahuan sosial

References

Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Rineka Cipta. Jakarta

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Sadiman A.M. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT RajaGrafindo Persada. Jakarta

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhi. Rineka Cipta. Jakarta

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, R dan D). PT Rieneka Cipta. Jakarta

Refbacks

  • There are currently no refbacks.