PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV

Oktviani Lestari BR Ginting, Rochmiyati Rochmiyati, Loliyana Loliyana

Abstract

The main issue of this research was the low achievement of 4th grade students in science subject at SD Negeri 2 Kampung Baru Bandarlampung academic year 2014/2015. This research was aimed to determine the effect of inquiry learning model towards 4thgrade students achievement in science subject. This research was a quasi experiment. The subject of this research was 50 students that divided into two classes. The main instrument that used was test and observation. Data were analyzed using simple linear regression test. The result showed that correlation value (R) was 0,405. The amount which determination coefficient (R2) was 0,164. Which mean that free variable influence toward fixed variable as big as 16,4% and the rest was affected by another variable. Based on these results, it can be concluded that the inquiry learning model affects the achievement of 4th grade students in science subject at SD Negeri 2 Kampung Baru Bandarlampung.

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Kampung Baru Bandarlampung tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembalajaran Inkuiri terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Subjek penelitian sebanyak 50 siswa yang terbagi atas 2 kelas. Instrumen utama yang digunakan adalah tes. Data dianalisis dengan menggunakan Uji Regresi Linier Sederhana. Hasil perhitungan menunjukkan nilai korelasi pengaruh (R) yaitu sebesar 0,405. Besarnya koefisien determinasi (R2) adalah sebesar 0,164 yang berarti bahwa pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat adalah sebesar 16,4 % sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel yang lain. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat diambil kesimpulan bahwa model pembelajaran Inkuiri berpengaruh terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Kampung Baru Bandarlampung.

Kata kunci: Hasil Belajar IPA, Model Pembelajaran Inkuiri

References

Amri,S. dan Ahmadi I. K. 2010 Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif dalam Kelas. Jakarta: PT .Prestasi Pustaka karya.

Depdiknas, 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan : Kerangka Dasar. Jakarta: Pusat Kurikulum.

Dimyati, dkk. 2010. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2004. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Rusman. 2014. Model- model pembelajaran. Jakarta: Grafindo Persada.

Sanjaya, W. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Slameto. 2010. Belajar dan faktor- faktor yang mempengaruhi. Jakarta. Rineka Cipta.

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2013.Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Suryani, N. dan L. Agung. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Trianto, Joyce. 2009. Mendesain model pembelajaran inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenda Media Group.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.