PENGARUH AKTIVITAS PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS

Fajar Muali, Thoha B.S. Jaya, Maman Surahman

Abstract

Problems in this research is still low student learning result of social Sciences.This study aims to find out the differences and the influence of Cooperative Type Snowball Throwing learning activities on the students' social Sciences outcomes. This research is an experimental research using design nonequivalent control grub design. The population and samples of this study is all students of class IV primary school state 03 Kartaraharja as many as 53 students. The main instruments used are tests and observation sheets. Data were analyzed by using simple t-test and regression test formula. Based on hypothesis testing can be concluded there are differences in social Sciences learning outcomes using Cooperative Type Showball Throwing and Conventional learning and there is a significant influence of Cooperative Type Snowball Throwing learning on social Sciences learning outcomes of fourth grade students of primary school state 03 Kartaraharja academic year 2016/2017

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar IPS siswa. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui perbedaan dan pengaruh aktivitas pembelajaran Cooperative Tipe Snowball Throwing terhadap hasil belajar IPS siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain nonequivalent control grub desain. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 03 Kartaraharja sebanyak 53 siswa. Instrumen utama yang digunakan adalah tes dan lembar observasi. Data di analisis dengan mengunakan rumus uji t-test dan regresi sederhana. Dari pengujian hipotesis dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar IPS megunakan pembelajaran Cooperative Tipe Snowball Throwing dan pembelajaran Konvensional serta ada pengaruh yang signifikan pembelajaran Cooperative Tipe Snowball Throwing terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 03 Kartaraharja tahun ajaran 2016/2017.

Kata Kunci : Aktivitas Pembelajaran, Cooperative Tipe Showball Throwing, dan Hasil Belajar IPS

References

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta, Rineka Cipta.

Hamdayama, Jumanta. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bandung, Ghalia Indonesia

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung, Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SIDIKNAS).Jakarta. Pustaka Pelajar

Refbacks

  • There are currently no refbacks.