Pengaruh Model Make A Match terhadap Hasil Belajar IPS

Eni Mufida, Siswantoro Siswantoro, Suwarjo Suwarjo

Abstract

The purpose of this research is to find positive influence and significant on the model cooperative learning type make a match towards social study result. The population in this research is the student of V graders of SD Negeri 1 Gantiwarno. The sample in this research is all students of class V SD Negeri 1 Gantiwarno. The kind of research this is research exsperiment. Design research used non equivalent control group design. Technique the data collection was done to technique test. Analysis data using the Program Statistical Product And Service Solution (SPSS) 22. The result of the testing of hypotheses shows that there are influence model cooperative learning type make a match toward social study result V grade student of SD Negeri 1 Gantiwarno.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan pada model cooperative learning tipe make a match terhadap hasil belajar IPS. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Gantiwarno. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 1 Gantiwarno. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu non equivalent control group design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Analisis data menggunakan program Statistical Product and Service Solutions (SPSS) 22. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe make a match terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 1 Gantiwarno.

Kata kunci: make a match, hasil belajar

References

Fadillah. 2014. Implementasi Kurikulum 2013.Yogykarta.Ar-Ruzz Media.

Komalasari, Kokom. 2011. Pembelajaran Kontektual Konsep dan Aplikasi. Bandung.Refika Aditama.

Kosasih, Nandang dan Dede Sumarna. 2013. Pembelajaran Quantum dan Optimalisasi Kecerdasan. Bandung.Alfabeta.

Maulana, Dani. 2013. Model-model Pembelajaran Inovatif. Lampung.Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan.

Mulyasa, E. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung.Remaja Rosdakarya.

Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Pengertian IPS dan Tujuan Pembelajaran. Jakarta.Depdiknas.

Rusman. 2012. Seri Manajemen Sekolah Bermutu Model-Model Pembelajaran MengembangkanProfesionalisme Guru. Jakarta.PT Grafindo Persada.

__________. 2014. Model-model Pembelajaran.Jakarta.Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, Wina. 2014. Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode dan Prosedur.Jakarta.Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung.Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2015. Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta.Pustaka Pelajar.

Susanto, Ahmad. 2014. Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta.Prenada Media Group.

Tim Penyusun. 2014. Undang-Undang SISDIKNAS (Sistem Pendidikan Nasional). Jakarta.Sinar Grafika.

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta.Prenada Media Group.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.