Pengaruh Tipe Peer Lessons terhadap Hasil Belajar PKn

Ira Maya Sari, Rapani Rapani, Suwarjo Suwarjo

Abstract

The purposes of this research is to determine the effect of active learning strategies peer lessons type towards civicstudy result IV grade student of SD Negeri 9 Metro Barat. This type of method-shaped experimental research was quasi experimental design with experimental designs non equivalent group design. The data collection technique by using test. Analysis data using independent sample t-test with the program Statistical Product and Service Solutions (SPSS). The data collection is done by using a pretest and posttest questions, which are then analyzed using quantitative data. The results showed that the active learning strategies peer lessons type can effectstudy result.

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe peer lessons terhadap hasil belajar PKn siswa kelas IV SD Negeri 9 Metro Barat. Jenis metode penelitian adalah penelitian eksperimen berbentuk quasi eksperimental design dengan rancangan eksperimen non equivalent group design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Analisis data menggunakan independent sampel t-test dengan program Statistical Product and Service Solutions (SPSS). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal pretest dan posttest, yang kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran aktif tipe peer lessons dapat memengaruhi hasil belajar PKn.

Kata kunci: peer lessons, hasil belajar.

References

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Jakarta.PT Rineka Cipta.

Asmidar. 2013. Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Peer Lessons Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Matematika Siswa SMAN 1 Pangkalan. (Online) dapat diakses diHttp://repository.uinsuska.ac.id/2148/1/2013_2013896PMT.pdf. Diakses Tanggal 16 November 2016 Pukul 12.46 WIB.

Dwijayanti, Esti. 2016. Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Peer Lessons Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Suhu Dan Kalor Kelas Xa Di SMAN 8 Kota Jambi. (Online) dapat diakses di Onlinejournal.unja.ac.id/index.php/EDP/article/download/2959/2205. Jurnal EduFisika Vol. 01 No. 01 hal 18-21, Juni 2016, ISSN:2477-7935. Diakses Tanggal 25 November 2016 Pukul 22.24 WIB.

Permendiknas. 2006. Peraturan Mentri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta. Permendiknas.

Rismarani. 2012. Pembelajaran Aktif dengan Strategi Peer Lessons terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Tambang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. (Online) dapat diakses diHttp://repository.uin-suska.ac.id/2073/1/2012_2012163.pdf. Diakses Tanggal 21 November 2016 Pukul 13.40 WIB.

Sanjaya, Wina. 2014. Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.

Silberman, Melvin. L. 2016. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung. Nuansa Cendekia.

Sisdiknas. 2003. Undang-Undang RI No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Depdiknas RI.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian PendidikanPendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung.CV Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta.Kencana.

Warsono dan Hariyanto. 2013. Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung. Remaja Rosda Karya.

Zaini, Hisyam. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta.CTSD.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.