PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA REALIA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V

Nasta Kania Larassati, Riswanti Rini, Sugiyanto Sugiyanto

Abstract

The problems in this research were the lack of learning outcomes in Science subject of grade five students The aims of this research were to find out the effects of using realia as media toward the learning outcomes in Science subject of grade five students. 91 students were used as the population and sample in this research. Class VA (Experiment) amounted to 31 students, Class VB (Control) 35 students, and Class VC 25 students as class validity. The data collecting techniques were test, the data were analyzed using independent T-Test. The result showed that. The use of realia as learning media affected the learning outcomes in Science subject of grade five students of SDN 1 Way Kandis .

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas V. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media realia terhadap hasil belajar kognitif IPA pada Siswa Kelas V. Populasi dan sampal dalam penelitian ini. 91 orang siswa, yaitu Kelas VA (Eksperimen) berjumlah 31 Siswa, Kelas VB (Kontrol) 35 Siswa, dan Kelas VC 25 Siswa sebagai Kelas validitas. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan metode tes, serta analisis data menggunakan analisis uji t test independent. Hasil analisis data menunjukan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media realia terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Nergeri 1 Way Kandis.

Kata kunci: Hasil Belajar, IPA, media realia

References

Djamarah, Saiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hasan, Alwi dkk. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasio nal Balai Pustaka.

Makmun, Johar. 2007 dalam penelitiannya Studi Komparasi Penggunaan Media Realia Dan Media Grafis Bidang Diklat Menggambar Teknik Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Ranah Kognitif. Skripsi. Universitas Kristen Satya Wacana

Rusman. (2010). Model-model Pembelajaran, Bandung: Mulia Mandiri Press

Undang-UndangRepublik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.