Penerapan Model Group Investigation untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika

Dewi Nuryanti Putri, Sarengat Sarengat, Sulistiasih Sulistiasih

Abstract

Purpose of the research is to increase activity and study result of student mathematic by implement group investigation model. Type of the research method is class activity research with stage in every cycle is planning, implementation, observing and reflection. Tool used to collect the data is observation page and test questioner, data analysis technique use to analyze the data is qualitative and quantitative. Research result show that implementation of group investigation model can increase activity and study result of student mathematic.

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan modelgroup investigation dalam model cooperative learning. Jenis metode penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan setiap siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Alat pengumpul data berupa lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model group investigation dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa.

Kata kunci: group investigation, aktivitas, hasil belajar

References

Aqib, Zainal. 2009. PenelitianTindakanKelasuntuk Guru SD, SLB & TK. Bandung.YramaWidya.

Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta.Bumi Aksara.

Heruman. 2014. Model PembelajaranMatematika di SekolahDasar.Bandung.RemajaRosdakarya.

Huda, Miftahul. 2011. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta.Pustaka Pelajar.

Kasmadi dan Nia Siti Sunariah. 2014. Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Bandung. Alfabeta.

Mubtadiin, Nining Hidayatul. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V MI Wates Sumbergempol Tulungagung Tahun 2013/2014. Tulungagung. IAIN Tulungagung.

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta.Rajawali Press.

Setyaningsih, Romadoni. 2013. Penerimaan Model Pembelajaran Group Investigation untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Pesawat Sederhana pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 3 Selakambang Kabupaten Purbalingga. Jawa Tengah.Universitas Negeri Semarang.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta. Rineka Cipta.

Slavin, Robert. E. 2005. Cooperative Learning.Bandung. Nusa Media.

Slavin, Robert. E. 2010. Cooperatif Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung. Nusa Media.

Thobroni, Muhammad &ArifMustofa. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta. Ar-Ruzz.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.