Pengaruh Penerapan Crossword Puzzle terhadap Hasil Belajar Pkn Siswa

Made Melsa Helma Hera, Muncarno Muncarno, Sulistiasih Sulistiasih

Abstract

The purpose of this research is to find positive influence and significant on the active learning strategy type crossword puzzle of civic education. The kind of research this is research experiment. Design research used non-equivalent control group design. Technique the data collection was done to technique test and quesitioner. The data analysis using student (t-test) with the program microsoft office excel 2013. The research show there was positive and significant effect implementation of active learning strategy type crossword puzzle of the results of students' civic education IV grade students of SDN 3 Metro Pusat.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan pada strategi pembelajaran aktif tipe crossword puzzle terhadap hasil belajar PKn. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu non-equivalent control group design.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan angket. Analis data menggunakan studentt (t-test) dengan menggunakan microsoft office excel 2013. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan penerapan strategi pembelajaran aktif tipe crossword puzzle terhadap hasil belajar PKn siswa SDN 3 Metro Pusat.

Kata kunci: crossword puzzle, hasil belajar

References

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung. Pustaka Setia.

Hamruni. 2011. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta. Insan Madani.

Khasanah, Faridhatul. 2014. Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Teka-teki Silang Terhadap Hasil Belajar pada Tema Indahnya Kebersamaan, Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku, Pembelajaran Ke-1 Siswa Kelas IV SDN 4 Metro Timur. Lampung. Universitas Lampung.

Muzaki, Ahmad. 2012. Implementasi Strategi Crossword Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas III MI Al Falahiyah.Mlangi. Yogyakarta. UIN.Sunan

Kalijaga..http://shofiesyamsueni.blogspot.co.id/2015/10/problematika-pembelajaran-pkn-sd.html. Di akses pada tanggal 10 Januari 2017. Pukul 15.25 WIB.

Pratiwi. 2013. Pengaruh Penggunaan Strategi Crossword Puzzle Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 7 Siak Kecamatan Tualang Kabupaten Siak. Riau. UIN Suska Riau. http://repository.uin-suska.ac.id. Di akses pada tanggal 11 Januari 2017. Pukul 09.15 WIB.

Ruminiati. 2007. Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan SD. Jakarta. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Sanjaya, Wina. 2014. Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta. Kencana Prenadamedia Group.

Silberman, Melvin L. 2016. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung. Nuansa Cendekia.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta.

__________.2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta. Prenadamedia Group.

Tim Penyusun. 2009. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Sinar Grafika.

__________.2007. Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta. Depdiknas.

Yusuf, A, Muri. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta. Kencana.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.