Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Media Grafis untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika

Melia Rosalina Dewi, Mugiadi Mugiadi, Sarengat Sarengat

Abstract

The purpose of this research is to improve student learning outcomes through the application of problem based learning strategy with graphic media. The type of this resarch is classroom action research, with the stages of planning, implementation, observation, and reflection. Data collection technique used notes engineering and test, data collection tool in the form observation sheet to asses teacher performance, affective learning outcomes and psychomotor learning outcomes, about the test used to determine cognitive learning outcomes of students. Analysis of data using qualitative and quantitative analysis techniques. The result showed that application of problem based learning strategies can improve student mathematics learning outcomes. That it can be seen from the precentage of completeness of student learning outcomes first cycle of 60,00% increased 20% to 80% in the second cycle.

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah dengan media grafis. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik nontes dan tes, alat pengumpul data berupa lembar observasi untuk menilai kinerja guru, hasil belajar afektif dan hasil belajar psikomotor, soal tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa. Analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Hal ini dapat dilihat dari Persentase ketuntasan hasil belajar siswa siklus I 60,00% meningkat 20% menjadi 80,00% pada siklus II.

Kata kunci: hasil belajar, strategi pembelajaran berbasis masalah, matematika.

References

Amri, Sofan. 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustakarya.

Arends. 1997. Classroom Instructional and Management. New York: McGraw Hill Companies.

Arikunto, Suharsimi. 2011. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

BSNP. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.

Sutrisno, Leo. Dkk. 2008. Pengembangan Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.

Susanto, Ahmad. 2014. Pengembangan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Thobroni, Muhammad dan Arif Mustofa. 2011. Belajar dan Pembelajaran: Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembengunan Nasional. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Tim Penyusun. 2003. Undang-Undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Yamin, Martinis. 2013. Strategi & Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: Referensi.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.