PENERAPAN MODEL TEAM GAME TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Ria Nurmala Dewi, Sulistiasih Sulistiasih, Sarengat Sarengat

Abstract

The purpose of research was to increase the activity and study result for mathematic by implementation of team game tournament learning model. The type of research was classroom action research conducted in two cycles with the stages of planning, implementation, observation, and reflection. The technique of data collection was nontest and test technique. Instrument of data collection using observation and test questions. Data were analyzed using qualitative analysis and quantitative analysis. The results showed that the implementation of team game tournament learning model can improve study result in mathematic.

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran team game tournament. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, dilaksanakan sebanyak 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik nontes dan tes. Alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes formatif. Teknik analisis data menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran team game tournament dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Kata kunci: team game tournamen, aktivitas, hasil belajar.

References

Depdiknas. 2003. Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.

Hamzah, Ali & Muhlisrarini. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajawali Pers.

Hanafiah, Nanang & Cucu Suhana. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Heruman. 2008. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ihsan, Fuad. 2008. Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Kasmadi & Nia Siti Sunariah. 2014. Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Mulyatiningsih, Endang. 2014. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Rasiti, Ni Wayan. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) Berbasis Metode Diskusi kelompok Kecil untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn dan Disiplin Siswa Kelas VIII K SMPN 3 Singaraja. Tidak diterbitkan. Bandar lampung.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Slavin, Robert E. 2005. Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sumantri, Mohamad Syarif. 2015. Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik di Tingkat Dasar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Thobroni, M. 2015. Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wardhani, I.G.A.K, & Kuswaya Wihardit. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.