PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE TAI DENGAN MEDIA GRAFIS TERHADAP HASIL BELAJAR IPS

Fajar Rahayu Ningwiasih, Alben Ambarita, Sulistiasih Sulistiasih

Abstract

The purpose of study was to determine the effect of cooperative learning type team assisted individualization with graphic media to study result of IPS. The type of research is experiment with Non-equivalent control group design. The data are collected by using questionnaire and multiple choice test. The data analysis which is used is Independent Sample t-test. The result of the research shows that the value of hypothesis test thitung = 2,324 > ttabel = 2,028 (? = 0,05), so Ha is accepted then the conclusion is there is a significant and positive influence towards the implementation of team assisted individualization in cooperative learning with graphic media to study result of IPS.

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization dengan media grafis terhadap hasil belajar IPS siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksprimen dengan desain eksperimen Non-Equivalent Control Group Design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan soal tes pilihan jamak. Analisis data menggunakan Independent Sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji hipotesis thitung = 2,324 > ttabel = 2,028 (? = 0,05), maka Ha diterima dengan kesimpulan terdapat pengaruh yang signifikan dan positif pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization dengan media grafis terhadap hasil belajar IPS.

Kata kunci: TAI, media grafis, hasil belajar, IPS

References

Daryanto. 2013. Media Pembelajaran (Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran).Yokyakarta: Grava Media.

Depdiknas.2003. Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2006. Permendiknas No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakartas: Depdiknas.

Purwanto, Ngalim. 2010. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru.Jakarta: Rajawali Pers.

Sadiman, Arief S.dkk. 2014. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali.

Slavin, R. E. 2009.Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.

Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.