PENGARUH TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA MIN KOTABUMI
Abstract
The purpose of study was to determine the effect of cooperatif learning model with the type of talking stick. The quasi-experiment method with non-equivalent control group was used in this study. The sampel consisted of 25 subjects as the experimental group and 25 subjects as the control group. The instrument in collecting the data used test sheet, which tested for validity and reliability in advance. Hypotheses were tested using analysis of comperatif two sampling correlation. The result of research showed that implementation of cooperatif learning model type talking stick gave effect to study result of student with sig. (2-tailed) < sig ?.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar dengan menerapkan model cooperative learning tipe talking stick. Penelitian ini menggunakan rancangan quasi-eksperimen metode non-equivalent control group design. Sampel terdiri 25 subjek kelompok eksperimen dan 25 kelompok kontrol. Alat pengumpul data menggunakan lembar tes, yang sebelumnya diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis uji hipotesis komparatif dua sampel yang berkorelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe talking stick berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan sig. (2-tailed) < sig ?.
Kata kunci: hasil belajar, talking stick, IPS.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pembelajaran Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis.Yogyakarta: Alfabeta.
Lembaga Pengembangan Pendidikan Profesi (LP3). 2007. Standar Isi Mata Pelajaran SD/MI. Semarang: UNNES.
Sanjaya. 2014. Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Susanto, Ahmad. 2014. Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Tim penyusun. 2003. PP RI Nomor 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
Tim penyusun. 2003. UU No. 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasonal. Jakarta: Depdiknas
Yani, Ahmad. 2009. Pembelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial). Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.
Refbacks
- There are currently no refbacks.