PENERAPAN MAPPING DALAM QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Anida Luthfiana, Sarengat Sarengat, Siti Rachmah Sofiani

Abstract

The research purposes were to increase students activity and learning achievement of mathematic by applying mapping in quantum teaching model. Type of research method was classroom action research by using some cycles; planning, acting, observing, and reflecting. The data collecting techniques were observation sheet and question test. The techniques of analysis used qualitative and quantitative analysis. The result of research showed that the applying mapping in quantum teaching model can increase students activity and learning achievement of mathematic.

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan mapping dalam model quantum teaching. Jenis metode penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan setiap siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Alat pengumpul data berupa lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan mapping dalam model quantum teaching dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa.

Kata kunci: mapping, model quantum teaching, hasil belajar

Full Text:

PDF

References

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. R Jakarta: ineka Cipta.

Depdiknas. 2013. Lampiran PP Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

------------. 2003. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

DePorter, B & MH. 2013. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.

-----------.2005. Quantum Teaching: Mempraktikan Quantum Learning di Ruang-ruang Kelas. Bandung: Kaifa.

Hernawan, AH. 2010. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Universitas Terbuka. Jakarta.

Huda, M. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kasmadi dan Nia S. 2014. Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Muhsetyo, G. 2008. Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Nuraeni, Y. 2013. Tidak Ada Murid Bodoh: Sukses Mengajar ala Otak Kanan. Jakarta: Bumen Pustaka Emas. Jakarta.

Purwanto. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sumantri, MS. 2015. Strategi Pembelajaran: Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: Rajawali Pers.

Susanto, A. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta.: Kencana.

Wardhani, IGAK. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Winataputra dan Udin S. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.