PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS

Maya Putri, Riyanto M. Taruna, Tambat Usman

Abstract

The problem in this research was that the learning outcomes of IPS are still low and teacher had not use picture and picture cooperative learning in IPS learning to student of IV grade SDN 1 Rajabasa Academic Year 2015/2016. The purpose of this research was to determine the effect picture and picture cooperative learning to the learning outcome of IPS. The method in this research was quasi experiment. The sample were all students of IV grade. Collecting data used test. Data analysis used t test of SPSS 17.0 for windows program. Result of data anlaysis showed there was an effect of picture and picture cooperative learning to student learning outcome of IPS. It is showed by average score of student learning outcome in experiment class (IVA) that was 79,39 higher than average score of student learning outcome in control class (IVB) that was 61,12.

Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS dan guru belum menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dalam pembelajaran IPS siswa kelas IV SD Negeri 1 Rajabasa Raya Tahun Ajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture terhadap hasil belajar IPS siswa. Metode penelitian ini adalah eksperimen semu, Sampel penelitian ini seluruh siswa kelas IV. Pengumpulan data menggunakan tes. Analisis data menggunakan uji-t pada program SPSS 17.0 for windows. Hasil analisis data diperoleh simpulan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture terhadap hasil belajar IPS siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen (IVA) yaitu 79,39 lebih tinggi dari nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas kontrol (IVB) yaitu 61,12.

Kata kunci: hasil belajar, IPS, model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture.

References

Ahmadi, Khoiru dan Sofan Amri. 2011. Mengembangkan Pembelajaran IPS Terpadu. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan Untuk Satuan Pendidikan Dasar SD/MI. Jakarta: bp Pustaka Candra.

Huda Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hamalik, Oemar. 2012. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Suharjo. 2006. Mengenal Pendidikan Dasar Teori dan Praktek. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sudjana, nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.