PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MEALUI MODEL QUANTUM LEARNING

Suci Amelya Sari, Siswantoro Siswantoro, Sowiyah Sowiyah

Abstract

The aims of the research were to analyze the study result improvement by implementation of quantum learning. Collection of data were obtained through non technical test and observation to determine the teacher performance, affective and psychomotor of students also the test to determine student learning outcomes. Data were analyzed by using qualitative and quantitative techniques. This research showed an increase in student learning outcomes through the quantum learning.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peningkatan hasil belajar melalui model quantum learning. Pengumpulan data diperoleh melalui teknik non tes dan tes berupa lembar observasi untuk mengetahui kinerja guru, afektif dan psikomotor siswa serta soal tes untuk mengetahui hasil belajar siswa. Data dianalisis menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa melalui model quantum learning.

Kata kunci: hasil belajar, kinerja guru, model quantum learning

References

Aqib, Z. 2009. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB dan TK. Bandung: Y Rama Widya.

DePorter, B & Mikke H. 2005. Quantum Learning. Bandung: Kaifa.

Huda, M. 2014. Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mulyasa. 2011. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Samatowa, U. 2006. Bagaimana Membelajarkan IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sudjana, N. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wardhani, I.G.A.K. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Umiversitas Terbuka.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.