Pengaruh Model Pembelajaran The Learning Cell terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP

Yufita Andar Wati, Nego Linuhung

Abstract


Kemampuan berpikir kritis salah satu tujuan penting dalam proses pembelajaran, namun pada kenyataannya kemampuan berpikir kritis siswa masih tergolong rendah. Pembelajaran yang digunakan di sekolah belum sepenuhnya memperhatikan untuk meningkatkan kemapuan berpikir kritis. Oleh karena itu diperlukan model pembelajaran yang menjadikan siswa menjadi lebih aktif dalam tanya jawab, sehingga dapat memfasilitasi siswa mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Model pembelajaran yang dimaksud adalah model pembelajaran The Learning Cell. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model The Learning Cell terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini termasuk eksperimen semu yang dilakukan di SMP Negeri 1 Sekampung Tahun Pelajaran 2017/2018. Desain penelitian yang digunakan adalah Post-Test-Only Nonequivalent Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII. Teknik sampling menggunakan cara Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes kemampuan berpikir kritis dan analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh model The Learning Cell terhadap kemampuan berpikir kritis siswa

| Abstract views: 201 | PDF views: 183

Full Text:

PDF

References


Ahmatika, D. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Pendekatan Inquiry/Discovery. Euclid, 3(1), 394–403. https://doi.org/10.33603/e.v3i1.324

Budiyono. (2013). Statistika Untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.

Fachrurazi. (2011). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan UPI. (1). 76 – 89

Fatahullah, M. M. (2016). Pengaruh Media Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan Dasar Unuversitas Negeri Jakarta Vol.7. 240.

Istianah, E. (2013). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematik Dengan Pendekatan Model Eliciting Activities (Meas) Pada Siswa Sma. Infinity Journal, 2(1), 43. https://doi.org/10.22460/infinity.v2i1.23

Kusumayani, N. W. N. (2017). Penerapan Strategi Pembelajaran Learning Cell Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa. Journal of Education Action Research, 1(3), 251. https://doi.org/10.23887/jear.v1i3.12689

Nugroho, E. S., Purwanto, E.C. dan Wiyanto. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Guide Discovery Pada Materi Pemantulan Cahaya untuk Meningkatkan Berpikir Kritis. Unnes physics education journal, ISSN No 2257-6935c

Permendiknas. (2006). Kurikulum 2006 Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Pratiwi, M. I., & Hasibuan, I. M. (2016). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe The Learning Cell Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMK Dwi Sejahtera Pekanbaru. Suska Journal of Mathematics Education. Vol. 2, No. 2, 2016, Hal. 77 – 80 https://doi.org/10.24014/sjme.v2i2.1404

Prihartini, E., Lestari, P., & Saputri, S. A. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Menggunakan Pendekatan Open Ended. Prosiding Seminar Nasional Matematika IX 2015, 58–64.

Sumarmo, Utari, dkk. (2012). Kemampuan Disposisi Berpikir Logis, Kritis, dan Kreatif Matematika (Eksperimen terhadap Siswa SMA Menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah dan Strategi Think talk Write). Jurnal Pengajaran MIPA, 17(1), 17-33.

Suprijono, A. (2016). Model-Model Pembelajaran Emansipatoris. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suprijono, A. (2016). Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zaini, H. dkk. (2010). Strategi Pembelajaran Aktif. Bumi Aksara, Bandung




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Flimacon.v1i2.20143

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Indexing Site: