Persepsi guru terhadap penggunaan aplikasi canva sebagai penunjang media pembelajaran di sekolah Dasar

Siti Nurjanah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru dan siswa terhadap penggunaan aplikasi canva sebagai media pembelajaran di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekaatn campuran yaitu gabungan antara pendekatan kuantitatif dan kualitatif, untuk mengumpulkan data komprehensif dari guru yang terlibat dalam pembelajaran menggunakan canva sebagai media desain. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitaif  untuk hasil kuesioner dan teknik deskriptif kualitatif untuk hasil wawancara. Melalui penggunaan aplikasi canva ini  diharapkan guru dapat membuat media pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif guna meningkatkan minat dan motivasi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. Hasil dari kuesioner menunjukkan rata-rata 55% guru sangat setuju dan 39% setuju bahwa aplikasi canva menarik untuk digunakan, pengguna paham mengaplikasikan canva untuk membuat media pembelajran, aplikasi canva mempermudah pemahaman peserta didik, dan aplikasi canva memungkinkan peserta didik dapat belajar dimanapun dan kapanpun. Penggunaan canva juga meningkatkan keterlibatan peserta didik serta meningkatkan focus, konsentrasi, minat dan motivasi peserta didik dalam pembelajaran.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing:

  

 Creative Commons License

Elementary: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.