ANALISIS PENGGUNAAN VIDEO ANIMASI TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK DONGENG DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan menyimak dongeng peserta didik kelas III sekolah dasar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan video animasi sebagai media pembelajaran keterampilan mendengarkan dongeng membantu peserta didik untuk memahami, menganalisis, dan mengidentifikasi atau mengintegrasikan keterampilan mendengarkan dongeng yang merupakan indikator kemampuan pemahaman peserta didik karena kemudahannya. Dari 10 peserta didik yang telah diteliti, hanya dua peserta didik yang disurvei tidak menguasai indikator keterampilan menyimak dalam mengidentifikasi dongeng, sedangkan indikator lainnya tuntas atau terpenuhi. Pada penelitian ini keterampilan mendengarkan dongeng peserta didik menggunakan media video membuat peserta didik merasa lebih fokus dan terlihat ketika mendengarkan dongeng peserta didik merasa nyaman dan tidak akan merasa bosan.
Full Text:
##common.remote##References
Aqib, Z. (2013). Penelitian tindakan kelas. Bandung: Yrama Widya.
Astika, R. T., Astra, I. M., Makmuri, Sumarni, S., Andika, W. D., & Wahyudi, A. (2020). Video Pembelajaran Kontekstual Mendukung Hasil Tes Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 127–136.
Astiti, N., & Rukayah, S. (2016). Peningkatan keterampilan menyimak dongeng melalui metode storytelling. Didaktika Dwija Indria.
Aswita, D. (2022). Pendidikan literasi: Memenuhi kecakapan abad 21 (M. Ismail, Ed.). K-Media.
Azizah, A., Azizah, A. N., & Nugraheni, A. S. (2020). Analisis teknik menyimak puisi melalui video animasi pada siswa kelas 2 SD Negeri Triharjo. Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD.
Hakim, M. N. (2018). Penerapan media audiovisual dalam meningkatkan keterampilan menyimak dongeng peserta didik kelas III MIS Darul Ulum Muhammadiyah Bulukumba. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing.
Huda, M. (2019). Teknologi komputer: Pemanfaatan teknologi komputer untuk mempermudah penyelesaian tugas dan pekerjaan yang dihadapi. Bogor: Bisakimia.
Julian, J. (2021). Pengembangan media pembelajaran musik berbasis digital untuk sekolah dasar (D. Iswara, Ed.). CV. Caraka Khatulistiwa.
Marlianti, E., Marli, S., & Halidjah, S. (2018). Peningkatan keterampilan menyimak peserta didik menggunakan media audio cerita anak kelas V SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK).
Mindari, P. (2015, Mei). Peningkatan keterampilan menyimak intensif siswa kelas V SD Negeri 24 Palembang melalui pendekatan PAKEM berbahan cerita anak. Dalam Prosiding Seminar Nasional Jurusan PGSD FIP UNP.
Nurgiyantoro, B. (2016). Sastra anak: Pengantar pemahaman dunia anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Sugianto, D., Wibowo, D. C., & Oktaviani, U. D. (2017). Peningkatan kemampuan menyimak dongeng melalui pembelajaran menggunakan media boneka tangan. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.
Sunami, M. A., & Aslam, A. (2021). Pengaruh penggunaan media pembelajaran video animasi berbasis Zoom Meeting terhadap minat dan hasil belajar IPA siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu.
Susanti, E. (2019). Keterampilan menyimak. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing:
Elementary: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.