ANALISIS SEMIOTIK IKLAN KOSMETIK DI MAJALAH ELLE PERIODE JANUARI - DESEMBER TAHUN 2006
Abstract
This research is focused on analyzing the semiotic of cosmetics advertisement, such as lipsticks, mascara, moisturizers, anti-aging, and foundations that are advertised in the ELLE magazine in January -December 2006 edition. Method used in this research is descriptive qualitative method. Data of cosmetic ads were collected from "ELLE" magazine only in the period of January-December 2006. The results of the research show that cosmetics ads contain the linguistic message in the words and sentences which contained in the advertisement, including the use of the word LANCE as the product name made in Paris, bold use of color and shining throughout the day, lipstick from Lance is a new product that features 36 variuous color. The iconic message is coded, that is the lipstick ad displays the sensuality of women who wear them. And the iconic message that is not coded, that anyone who wears lipstick from Lance Paris would be beautiful. In addition, when we use it in the morning, we do not need to put it again because the lipstick can last a long time.
Penelitian ini merupakan penelitian yang berfokus pada penganalisisan semiotik iklan kosmetik yaitu iklan lipstik, mascara, pelembab, anti penuaan, dan iklan alas bedak yang terdapat di majalah Elle periode Januari Desember 2006. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data iklan kosmetik dikumpulkan dari majalah Elle hanya pada periode Januari Desember 2006. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan kosmetik mengandung pesan linguistik dalam kata-kata dan kalimat-kalimat yang terdapat di dalam iklan, diantaranya penggunaan kata LANCE sebagai nama produk tersebut dibuat di Paris, penggunaan warna yang berani dan bersinar sepanjang hari, lipstik dari Lance tersebut merupakan produk terbaru yang memiliki 36 warna bervariasi. Pesan ikonik terkodekan, yaitu iklan lipstik tersebut menampilkan sensualitas perempuan yang memakainya. Dan pesan ikonik tak terkodekan, yaitu siapa saja yang memakai lipstik dari Lance Paris akan menjadi cantik. Di samping itu, apabila kita menggunakannya pada pagi hari, kita tidak perlu mengulasnya lagi karena lipstik tersebut dapat bertahan lama.
Kata kunci: analisis, iklan, semiotik
References
Adler, Ronald B ; Rodman, Georde. 1988. Understanding Human Communication (second ed). New York, NY: Holt, Rinehart and Winston.
Berger, Arthur asa. 2000. Media Analysis Techniques.Second Edition. Alihbahasa Setio Budi HH. Yogyakarta: Penerbitan Universitas Atma Jaya.
Barthes, Roland. 2000. Elements of Semiology. New York: Hill and Wang.
Barthes, Roland. 2007. Membedah Mitos-Mitos Budaya Massa.Yogyakarta & Bandung: Jalasutra.
Christomy, T. 2004. Semiotika Budaya. Jakarta: Pusat Penelitian Kemasyarakatan dan Budaya Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat UI. Depok
Cobley, Paul, dkk. 2002. Mengenal Semiotika for Beginners, saduran Ciptadi Sukono, Bandung: Mizan.
Coquet, C, J. 1982. Smiotique Lcole de Paris. Paris: Hachette.
Courtes, Joseph. 1993. Smiotique Narrative et Discursive. Paris: Hachette.
Djuarsa, S. 1994. Teori Komunikasi. Jakarta: Universitas Terbuka.
Eco, Umberto. 1979. A Theory of Semiotics. Bloomington: Indiana University Press.
Franois, Frdric. 1977. Etudes de Linguistique Applique. Didier
Galisson, R. 1976. Dictionnaire de Didactique des Langues. Hachette
Hardini, Tri, Indri. 2004. La Couleur de la Publicit. Jurnal Pengajaran Bahasa dan Sastra Perancis.Bandung: PPPSI
Hoed, Benny, H. 2005. Memandang Fenomena Budaya Dengan Kaca Mata Semiotik. Jakarta : Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia.
Hoed, Benny, H. 2003. Strukturalisme De Saussure di Prancis dan Perkembangannya; dalam Perancis dan Kita? Strukturalisme, Sejarah, Politik, Film, dan Bahasa. Jakarta: WWS.
Joannis & de Barnier, Dunod. 2005. De la stratgie marketing la cration publicitaire. Paris
Kridalaksana, Harimurti. 2005. Mongin-Ferdinand de Saussure. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia
Landier, Jean-Claude, F. Marchand. 1995. La Courte Echelle. Paris: Hatier
Moleong, J. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Noth, Winfried. 1990. Handbook of Semiotics. Indiana: University Press.
Pierre, Robert. 2002. Dictionnaire Pratique de Didactique du FLE, OPHRYS.
Ramat, Paolo. 1985. Typologie Linguistique. Presses Universitaire de France.
Saussure, F, De. 1968. Cours de la Linguistique Gnral. Paris: Payot.
Sobur, Alex. 2004. Analisis Teks Media. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sobur, Alex. 2004. Semiotika Komunikasi. Bandung: Rosda.
Stacks, Don, et.,al. 1991. Introduction to Communication Theory. Fort Worth, TX: Holt, Rinehart,and Winston.
Suharsimi, Arikunto. 1989. Dasar- Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.
Surakhmad, Winarno. 1985. Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar Metode dan Teknik. Bandung: Angkasa
Travers, C. 1997. Dictionnaire Hachette : Encyclopdique Illustr. Paris: Hachette Livre
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Jurnal Pendidikan Progresif
View My Stats
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.