PEMBELAJARAN PAKET B DI PKBM BARITO KOTA BANJARMASIN

Rochgiyanti Rochgiyanti

Abstract


Nonformal education in Paket A, B, and C is one of the civil right for the citizens to be easily accessible and it is held by PKBM. The research is aimed to know the characteristics of society and tutor's learning and learning process of Paket B held by PKBM Barito. This research used qualitative method because the role of learners in learning Paket B in PKBM Barito has not identified yet. The result shows that (1) the characteristics of learning community are varied whether in age, marital status, profession, education background, motive for learning Paket B, motivation, skill, the interestness to subject, expectation after graduation, and problems in their lives. Whereas the characteristics of tutors could be seen from the education level, professional competence, and pedagogic competence; (2) the learning process for Paket B has fulfilled minimal standar involving preparation, implementation, and evaluation but does not work maximally in learning for the mature learners. Based on those results, it is suggested (1) the tutor needs to implement the andragogy method so that the learning is more meaningful; (2) PKBM can make the learning community skill alive with life skill and entrepreneurship; (3) the implementation of education for equality level needs to get more attention from the institution.

Pendidikan nonformal Paket A, B, dan C merupakan salah satu hak sipil bagi warga untuk dapat dengan mudah diakses dan ini diadakan oleh PKBM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik belajar masyarakat dan guru, dan proses belajar Paket B diadakan oleh PKBM Barito. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif karena peran pelaku dalam pembelajaran Paket B di PKBM Barito belum diketahui. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) karakteristik komunitas belajar bervariasi baik dalam usia, status pernikahan, profesi, latar belakang pendidikan, motif belajar Paket B, motivasi, keterampilan, ketertarikan dengan subjek, harapan setelah lulus, dan masalah dalam kehidupan mereka. Sedangkan karakteristik tutor dapat dilihat dari tingkat pendidikan, kompetensi profesional, dan kompetensi pedagogik, (2) proses pembelajaran untuk Paket B telah memenuhi standar minimal yang melibatkan persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi tetapi tidak bekerja maksimal dalam pembelajaran untuk peserta didik yang dewasa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disarankan agar (1) tutor perlu menerapkan metode andragogi sehingga pembelajaran lebih bermakna, (2) PKBM dapat menghidupkan keterampilan komunitas belajar dengan life skill dan kewirausahaan, (3) pelaksanaan pendidikan kesetaraan tingkat perlu mendapatkan perhatian lebih dari instansi.

Kata kunci: paket b, pembelajaran, pkbm


Full Text:

PDF

References


Damsar, 2011. Pengantar Sosiologi Pendidikan. Jakarta : Kencana.

Departemen Pendidikan Nasional, 2009. Pendidikan Kesetaraan Program Paket B Setara SMP/MTs dan Program Paket C Setara SMA/MA. Jakarta : Badan Penelitian dan Pengembangan.

Gunawan, Rudy, 2011. Pendidikan IPS : Filosofi, Konsep, dan Aplikasi. Bandung : Alfabeta.

Hamalik, Oemar. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran. Cetakan ke-10. Jakarta : Bumi Aksara.

Idi, Abdullah. 2011. Sosiologi Pendidikan : Individu, Masyarakat, dan Pendidikan. Jakarta : RajaGrafindo Persada.

Joesoef, Soelaiman. 1992. Konsep Dasar Pendidikan Luar Sekolah. Jakarta : Bumi Aksara.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, 2012. Petunjuk Teknis Program Wajib Belajar Pendidikan Dasar 9 Tahun Nonformal (APBD I) (Paket A Setara SD dan Paket B Setara SMP) Tahun 2012. Banjarmasin : Dinas Pendidikan Bidang PNFI.

Pidarta, Made. 1997. Landasan Kependidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Rizali, Ahmad, dkk. 2009. Dari Konvensional Menuju Guru Profesional. Jakarta : Grasindo.

Sardiman, 2011. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : RajaGrafindo Persada.

Sugiyono, 2010. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.

Suprijanto, 2012. Pendidikan Orang Dewasa : Dari Teori Hingga Aplikasi. Cetakan ke-4. Jakarta : Bumi Aksara.

Tirtarahardja, Umar dan La Sulo, S. L., 2008. Pengantar Pendidikan. Edisi Revisi. Jakarta : Pusat Perbukuan Depdiknas dan Rineka Cipta.

Uno, Hamzah B. 2009. Model Pembelajaran : Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta : Bumi Aksara.

Yamin, Martinis, 2008. Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Gaung Persada Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c)




View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.