Implementation of Project-Based Learning Styles and Multiple Learning Objects to Promote the Pancasila Student Profile

Umi Chotimah, Hermi Yanzi, Sri Sumarni, Syarifuddin Syarifuddin, Joshua Ritonga

Abstract


Abstract: Implementation of Project-Based Learning Styles and Multiple Learning Objects to Promote  the Pancasila Student Profile. Objective: The objective of this study is to illustrate the implementation of project-based learning (PBL) based-on learning styles and multiple learning objects (MLO) to promote the Pancasila student profile. Methods: This quantitative study employs a descriptive research design involving 7th-grade students at SMPN 51 Palembang as the subjects. Data collection involves interviews, questionnaires, observations, and documentation. Descriptive statistical techniques are utilized for data analysis, while qualitative data is quantitatively analyzed. Findings: It was found that implementing learning in accordance with the PBL syntax using various learning media as MLO designed to match learning styles can stimulate the emergence of the six characters within the Pancasila student profile. Conclusion: The utilization of the PBL model aligned with learning styles and MLO can effectively foster the development of the Pancasila student profile.

 

Keywords: project based learning, learning styles, multiple learning objectives, merdeka curriculum.

 

Abstrak: Implementasi Model Project Based-Learning Berbasis Gaya Belajar dan Multiple Learning Object Untuk Mendorong Profil Pelajar Pancasila. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan implementasi project-based learning (PBL) yang disesuaikan dengan gaya belajar dan MLO untuk meningkatkan profil pelajar Pancasila. Metode: Penelitian kuantitatif ini menggunakan desain penelitian deskriptif dengan melibatkan siswa kelas 7A di SMPN 51 Palembang sebagai subjek. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Teknik statistik deskriptif digunakan untuk analisis data, sedangkan data kualitatif dianalisis secara kuantitatif. Temuan: dengan menerapkan pembelajaran sesuai dengan sintaks PBL menggunakan berbagai media pembelajaran sebagai MLO yang dirancang sesuai dengan gaya belajar dapat merangsang munculnya enam karakter dalam profil siswa Pancasila. Kesimpulan: Implementasi model PBL yang berbasis gaya belajar dan MLO dapat efektif mendorong pengembangan profil pelajar Pancasila.

 

Kata kunci: project based-learning, gaya belajar, multiple learning objectives, profil pelajar Pancasila.


DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jpp.v13.i3.202332


Full Text:

PDF

References


Aidin, & Rizka Awaluddin. (2023). Kedisiplinan Belajar Dalam Aktivitas Belajar Mengajar Siswa Kelas IV SDN 24 Woja. JPSL : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Lingkungan, 2(1), 27–32. Retrieved from https://jurnal.stkip-al-amin-dompu.ac.id/index.php/jpsl/article/view/21

Albar, S. B., & Southcott, J. E. (2021). Problem and project -based learning through an investigation lesson: Significant gains in creative thinking behaviour within the Australian foundation (preparatory) classroom. Thinking Skills and Creativity, 41, 100853. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2021.100853

Aprida, H. ., & Mayarni, M. (2023). The Efficiency of PBL (Project Based Learning) Model Assisted By E-Worksheet on Student Learning Outcomes in Science Subjects . Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(8), 6284–6291. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i8.4372

Arsyad, Azhar. (2020). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers

Azzahra, et al. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project-Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Pembelajaran Biologi: Literature Review. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 3(1), 49-60.

Barus, D. R. (2019). Model–Model Pembelajaran Yang Disarankan Untuk Tingkat Smk Dalam Menghadapi Abad 21. Universitas Negeri Medan, 1–13. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38932

BUDI, S. S. (2023). PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KETERAMPILAN DI KELAS X IPA2. ACTION : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas Dan Sekolah, 3(3), 212-219. https://doi.org/10.51878/action.v3i3.2428

Clerkin et al. (2022). What is the impact of video as a teaching method on achieving psychomotor skills in nursing? A systematic review and meta-analysis. Nurse Education Today, 111(September 2021). https://doi.org/10.1016/j.nedt.2022.105280

Elmanidar et al. (2023). PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA POP UP BOOK TERHADAP PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA PADA TEMA 8 KELAS 5 SDN 1 MAYONG KIDUL . Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(4), 491-497. https://doi.org/10.37478/jpm.v4i4.3001

Erlina, et al. (2023). Merancang Model Project Based Learning untuk Mengembangkan Sikap Gotong Royong dan Kreatif Peserta Didik pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Alwatzikhoebillah: Kajian Islam, Pendidikan, Ekonomi, Humaniora, 9(2), 320-332.

Fadhillah et al. (2023). Merdeka Belajar: Solusi Revolusi Pendidikan di Indonesia. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(1), 19–22. https://doi.org/10.4444/jisma.v3i1.714

Futra et al. (2023). Implementasi Metode Pembiasaan Dalam Membentuk Karakter Religious Siswa SMP Nabil Husein Samarinda. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 1(03), 109–116. https://doi.org/10.58812/spp.v1i03.133

Gomez-del Rio, T., & Rodriguez, J. (2022). Design and assessment of a project -based learning in a laboratory for integrating knowledge and improving engineering design skills. Education for Chemical Engineers, 40, 17-28. https://doi.org/10.1016/j.ece.2022.04.002

H. N. Sofia, “Improving Students ’ Scientific Literacy and Cognitive Learning Outcomes through Ethnoscience-Based PBL Model,” vol. 4, no. 1, pp. 1–9, 2023, doi: 10.46843/jiecr.v4i1.382.

Haidir, M., Farkha, F., & Mulhayatiah, D. (2021). Analisis Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Video pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(1), 81. https://doi.org/10.24127/jpf.v9i1.3266

I. D. Astuti, T. Toto, and L. Yulisma, “MODEL PROJECT BASED LEARNING (PBL) TERINTEGRASI STEM UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA,” Quagga J. Pendidik. dan Biol., vol. 11, no. 2, p. 93, 2019, doi: 10.25134/quagga.v11i2.1915.

Isnawati et al. (2023). Pembiasaan Berdoa Sebelum Belajar Untuk Pendidikan Karakter Siswa Kelas Iv Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Sukajati Haurgeulis. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 7(2).

Kaharudin, et al. (2023). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Projek terhadap Kemampuan Bernalar Kritis. Jurnal Basicedu, 7(5), 3063–3071. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.5368

Katman, K., & Akadira, T. (2023). Implementasi Kepemimpinan Transformatif Dan Perbaikan Mutu Pendidikan Pada Program Sekolah Penggerak Di Indonesia. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(1), 378–387. https://doi.org/10.37385/msej.v4i1.1300

KEMENDIKBUDRISTEK. (2020). Buku Saku Kurikulum Merdeka. KEMENDIKBUDRISTEK

Lestari, W. M., & Salsabila, A. . (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Puzzle Digital Materi Lingkaran Kelas VI SD Negeri Bluru Kidul 2 Sidoarjo. Nusantara Educational Review, 1(1), 7–14. https://doi.org/10.55732/ner.v1i1.995

Lingga, et al. (2023). ANALISIS PEMBENTUKAN KARAKTER BERNALAR KRITIS MELALUI METODE BERCERITA PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 400-409.

Mahardika et al. (2023). Pelatihan Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Digital Menggunakan Quizizz bagi Guru di Kota Banjarmasin. Jurnal Abdimas Prakasa Dakara, 3(1), 1-9.

Monika et al. (2023). PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS KEARIFAN LOKAL TRI HITA KARANA MENINGKATKAN SIKAP GOTONG ROYONG. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(1), 7–15. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.890

Mujayanah et al. (2023). PENGARUH PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER GOTONG ROYONG SISWA KELAS VII SMPN 1 KARTOHARJO. PROSIDING SEMINAR NASIONAL UNARS, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 402-409, aug. 2023. Available at: https://unars.ac.id/ojs/index.php/prosidingSDGs/article/view/3369

Nadhiroh, S., & Anshori, I. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Fitrah: Journal of Islamic Education, 4(1), 56-68. https://doi.org/10.53802/fitrah.v4i1.292

Najmi, H. (2023). Pendidikan Moderasi Beragama dan Implikasinya terhadap Sikap Sosial Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Al-Muttaqin, 9(1), 17-25.

Natalia et al. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka: P5 Tema Keberagaman Global Menggunakan Project Based Learning. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 17(2), 155–162. https://doi.org/10.21067/jppi.v17i2.9183

Nisa, et al. (2023). ANALISIS PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI UPAYA MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI BUDAYA DI SEKOLAH DASAR. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 1689 - 1700. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i04.1760

Pakpahan, et al. (2023). Pengaruh Model Project Based Learning (PBL) Terhadap Kreativitas Belajar Pendidikan Agama Kristen Dan Budi Pekerti Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Laguboti Kabupaten Toba Tahun Pembelajaran 2023/2024. Lumen: Jurnal Pendidikan Agama Katekese dan Pastoral, 2(2), 98-113.

Pan, A. J. et al. (2022). Investigating the Impact of a Possibility – Thinking integrated Project-based Learning History Course on High School Students' Creativity, Learning Motivation, and History Knowled ge. Thinking Skills and Creativity, 101214. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2022.101214

Purba, R. (2023). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI BELAJAR MENDESKRIPSIKAN MENGGUNAKAN PROJECT BASED LEARNING PESERTA DIDIK KELAS VII SMP FRATER PALOPO. Jurnal Andi Djemma| Jurnal Pendidikan, 6(2), 81-92.

Puspitasari, E. et al. (2023). Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Ekonomi melalui Model PBL di SMAN 13 Palembang. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 7(1), 51-60.

R. Mardiani, “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PBL) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Konsep Impuls dan Momentum,” Bachelor. Thesis, Univ. Islam Negeri Syarif …, 2017.

R. T. Sari and S. Angreni, “Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PBL) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa,” J. VARIDIKA, vol. 30, no. 1, pp. 79–83, 2018, doi: 10.23917/varidika.v30i1.6548.

Rahma, F. A. et al. (2023). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Digital. Jurnal Basicedu, 7(1), 603–611. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4653

Ratri, I. R., & Nurfalah, E. (2023). Studi Komparasi Model Problem Based Learning (Pbl) dan Project Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Tuban Tahun Pelajaran 2022/2023. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 10985–11001. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i3.3454

Saputra, M. A. et al. (2023). Penerapan model pembelajaran berbasis proyek (PBL) project based Learning dalam meningkatkan kreativitas siswa melalui market day. SINAU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(01), 52–56. Retrieved from https://www.instructionaljournal.com/index.php/sinau/article/view/101

Sari et al. (2023). MANAJEMEN KELAS BERBASIS PBL TERHADAP PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SEKOLAH DASAR PERUMNAS PEUNYARENG KABUPATEN ACEH BARAT. Puteri Hijau: Jurnal Pendidikan Sejarah, 8(2), 219-227.

Sari, A. M. et al. (2023). Efektifitas Model Project Based Learning (PBL) dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Basicedu, 7(1), 432–440. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4390

Satria et al. (2023). Telaah Pendidikan Karakter Dalam Buku Teks Bahasa Indonesia SD Kurikulum Merdeka. Tuladha : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 32–44.

Suardipa, I. P. (2023). Lini masa kebijakan kurikulum merdeka dalam tatanan kotruksi mutu profil pelajar pancasila. PINTU : Pusat Penjamin Mutu Volume, 2.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta

Susanti, A., & Darmansyah, A. (2023). Analisis Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Bernalar Kritis di SD Negeri 44 Kota Bengkulu. EduBase: Journal of Basic Education, 4(2), 201-212.

Susetyadi, A. D., & Utami, S. (2023). Profil Keterampilan Kerjasama Peserta Didik pada Pembelajaran Berbasis Proyek (PBL). Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 15(1).

Waruwu, E. W., & Waruwu, E. (2023). Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Meningkatkan Kemandirian Peserta Didik Di Era Kurikulum Merdeka. Sinar Kasih: Jurnal Pendidikan Agama Dan Filsafat, 1(2), 98–112.

Wea et al. (2023). The Effectiveness of Forming a Pancasila Student Profile by Implementing a Project Based Learning Model on Newton's Law Material. Physics Communication, 7(2), 54-62.

Wulandari et al. (2023). Analisis Implementasi Karakter Mandiri Melalui Project Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Matematika Kelas IC di SD Supriyadi Semarang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4934–4939. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14270

Yanti, R., & Novaliyosi, N. (2023). Systematic Literature Review: Model Pembelajaran Project Based Learning (PBL) terhadap Skill yang dikembangkan dalam Tingkatan Satuan Pendidikan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2191-2207. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2463

Zen, Z., & Ariani, F. (2022). Academic achievement: the effect of project -based online learning method and student engagement. Heliyon, e11509. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e11509

Zulyusri et al. (2023). Literature Study: Utilization of the PBL Model in Science Education to Improve Creativity and Critical Thinking Skills. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(1), 133–143. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i1.2555


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Progresif

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.