Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Controvesial Issues Pada Pelajaran IPS

Winda Maharani

Abstract


The aim of this study is for increasing the activities and outcomes of students social studies learning by using Controversial Issues Model. The kind of this study is a classroom action research, with the data collections forms are the observation and the testsheet. The analysis techniques used in this study are qualitative and quantitative analysis techniques. The results of this study showed that the implementation of Controversial Issues Model could increase the students learning activities and outcomes. The percentage of students mastery learning activities is 45% in the first cycle and become 75% in the second cycle. Whileat students learning outcomes increased from 65% in the first cycle to 80% in the second cycle.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa dengan menerapkan model controversial issues. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, alat pengumpul data penelitian berupa lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model controversial issues pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Persentase ketuntasan aktivitas belajar siswa siklus I adalah 45% meningkat pada siklus II menjadi 75%. Hasil belajar siswa juga meningkat dari 65% pada siklus I menjadi 80% pada siklus II.

Kata kunci: controversial issues, aktivitas dan hasil belajar, IPS.

 

DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jpp.v7.i1.201709


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi dkk. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta. Guru dalam jabatan pendidikan dan pelatihan). FKIP Universitas Lampung.

Gusmila, Nuraharmi dan Nora. 2009. Penerapan Model Controversial Issues untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar PKn Siswa Kelas IV SDN 07 Koto Sani Kabupaten Solok. Jurnal Universitas Bung Hatta 2(1):1-14.

Hamalik. 2011. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara

Komalasari. 2013. Pembelajaran Kontekstual:Konsep dan aplikasi. Bandung: PT. Refika Aditama.

Komalasari, K. 2008. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam PKn Melalui Penerapan Model Controversial Issues. Jurnal Penelitian 8 (1). 406-416.

Kunandar. 2014. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Mulyasa. 2014. Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ni. Md. Winursit, I Wyn. Wiarta dan I Wyn. Sujana. 2014. Pembelajaran Kontekstual Berbasis Controversial Issues Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD DI Gugus II Mengwi Kabupaten Bandung. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD. 2(1): 1-10.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitia Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sunyono. 2009. Perencanaan PTK dan Penulisan Karya Ilmiah (Modul sertifikasi)

Suparman. 2012. Desain Intruksional Modern. Jakarta: Erlangga.

Usman & Setyawati. 1993. Model-model pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Progresif




View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.