Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Realia Pada Pembelajaran IPS

Edo Dwi Cahyo

Abstract


The aims of this research were to improve students activities and learningoutcome on social subject using Realia media in the fourth grade of SDN 08 South Metro.Themethod used in this research was Classroom Action Research (CAR), which was implementedthrough three cycles. The datas have been collected by using observation sheet and essay testand analyzed by qualitative and quantitative data analysis. The results showed that the use ofRealia media on social subject is able to increase the activity and student learning outcomes.

Penelitian ini dilakukan guna meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswapada pembelajaran IPS dengan menggunakan media realia di kelas IV SDN 08 Metro Selatan.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yangdilaksanakan melalui tiga siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasidan tesessay. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan tes yangkemudian dianalisis menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkanbahwa penggunaan media realia pada pembelajaran IPS kelas IV SDN 08 Metro Selatan dapatmeningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.


Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, media realia.

 

DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jpp.v7.i1.201704


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi dkk. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Asra, dkk. 2007. Komputer dan Media Pembelajaran SD. Jakarta: Depdiknas.

Dimyati & Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Ibrahim, R. & S. Nana Syaodih. 2003. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Nashar. 2004. Peranan Motivasi danKemampuan Awal. Jakarta: Delia Press.

Sapriya, dkk. 2009.Pembelajaran dan Evaluasi Hasil Belajar IPS. Bandung: UPI PRESS.

Sardiman. 2010. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sardjiyo, dkk. 2009. Pendidikan IPS di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Solihatin, Etin & Raharjo. 2007. Coopeative Learning. Jakarta: Bumi Aksara.

Wardhani, IGAK dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas terbuka.

Warsiya, Margaretha. 2014. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Pembelajaran Tematik Dengan Tema Keluarga Melalui Media Realia Siswa Kelas Ia SD Xaverius 3 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/2013. Bandar Lampung: Universitas Lampung. (tidak diterbitkan).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Progresif




View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.