The Implementation of JiRQA Model to Improve Biology Learning Outcomes at Indonesia Junior High School
Abstract
Abstract: Biology is a material that requires an understanding of students' learning outcomes. This research aims to determine the effect of the JiRQA learning model on the learning outcomes of class VIII students at Yoseph Khatulistiwa Middle School and Nusantara Indah Sintang Middle School. This research was a quantitative approach with a weak experiment design method. The population was all class VIII students at Yoseph Khatulistiwa Middle School and Nusantara Indah Sintang Middle School, consisting was 29 students, 16 students at Yoseph Khatulistiwa Middle School and 13 students at Nusantara Indah Sintang Middle School. The instrument to measure students' learning outcomes is in the form was 20 multiple choice questions. The data obtained was analyzed using descriptive statistical analysis and inferential analysis in the form of a paired sample t test. The results of descriptive statistical analysis showed an increase in the average pretest and posttest scores was 38.62%. The results of inferential statistical analysis show that the significance value for learning outcomes was 0.000 and is greater than alpha 0.05, so it can be concluded that there is a significant influence of the implementation of the JiRQA learning model on students' learning outcomes in Biology material.
Keywords: JIRQA learning model, learning outcomes, biology learning.
Abstrak: Biologi merupakan materi yang memerlukan pemahaman terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran JiRQA terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP Yoseph Khatulistiwa dan SMP Nusantara Indah Sintang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode weak eksperimen. Populasi adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Yoseph Khatulistiwa dan SMP Nusantara Indah Sintang yang terdiri dari 29 siswa, 16 siswa SMP Yoseph Khatulistiwa dan 13 siswa di SMP Nusantara Indah Sintang. Instrumen untuk mengukur prestasi belajar siswa berupa 20 soal pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial berupa Paired sample t test.. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan adanya peningkatan rata-rata skor pretest dan posttest sebesar 38,62%. Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan nilai signifikansi prestasi sebesar 0,000 lebih besar dari alpha 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran JiRQA terhadap prestasi belajar siswa pada materi Biologi.
Kata kunci: model pembelajaran JIRQA, prestasi belajar, pembelajaran biologi.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jpmipa/v24i3.pp690-698
Full Text:
PDFReferences
Apriliya, N. (2016). Penerapan Metode Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar dan Penilaian Kerja Siswa Pada Materi Sistem Gerak Pada Manusia Kelas XI Sman 1 Balai Batang Tarang. Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas muhammadiyah pontianak.
Bahri, A. (2016). Strategi Pembelajaran Reading Questioning and Answering (RQA) Pada Perkuliahan Fisiologi Hewan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa. Jurnal bionature, 17 (2), 106-113.
Bahri, A., Corebima, A.D., Amin, M., & Zubaidah, S. (2016). Potensi Strategi Problem-based Learning (PBL) Terintegrasi Reading Questioning and Answering (RQA) UntukMeningkatkan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Berkemampuan Akademik Berbeda. Jurnal Pendidikan Sains. 4 (2), 49-59.
Budiawan, M., & Arsani, N.L.K.A. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Fisiologi Olahraga. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2 (1), 138-144.
Bustami, Y. (2017). The Empowerment of Critical Thinking Skill and Social Attitude of Multiethnic Biology Students in Higher Education through JiRQA Learning Strategy (An Experimental research Study: Innovation of Cooperative Learning). Disertasi tidak diterbitkan.
Corebima, A.D. (2016). Pembelajaran Biologi Di Indonesia Bukan Untuk Hidup. Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning. 13(8-22).
Diana, P. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Co-Op Co-Op Terhadap Hasil Belajar Kognitig Siswa Pada Materi Pewarisan Sifat Dikelas IX SMP Nusantara Indah sintang Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurusan Matematikan Ilmu Pengetahuan Alam STKIP-PK Sintang.
Djamarah, Syaiful, Bahri & Zain, A. (2014). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Haerullah, A., & Usman, F.H. (2013). Pengaruh Penerapan Model Reading, Quetioning and Answering (RQA) Terhadap Pengetahuan Metakognitig Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Kota Ternate. Jurnal Bioedukasi, 3, 180-184.
Hakim, S. (2014). Meningkatkan Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Jurnal Nalar Pendidikan, 2 (2), 237-246.
Jaya, E.P. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tulang Bawang Tengah Tahun Pelajaran 2015/2016. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung Bandar Lampung.
Julung, H. (2015). Pengaruh Model Problem Bases Learning (PBL) Dipadu Dengan PQ4R Pada Kemampuan Akademik Berbeda Terhadap Kreavitas Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X SMA Swasta Di Sintang. Tesis Tidak Diterbitkan.Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Negeri Malang.
Monalisa, L.A., & Trapsilasiwi, D. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Pokok Bahasan Keterbagian Bilangan Bulat Untuk Meningkatkan Aktivitas Mahasiswa Semester VI Tahun Ajaran 2014-2015 Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Pancaran, 4 (2), 173-180.
Muhlis. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Koloid SMAN 4 Batimurung Maros. Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan dan Pembelajran. Pendidikan Kimia, Program Pascasarjana Universitas Negeri Makasar, 2, 12-24.
Nurhaeni, Y. (2011). Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Konsep Listrik melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Siswa Kelas IX SMPN 43 Bandung. Jurnal penelitian pendidikan, 12 (1), 77-89.
Nurmala, R.S., Corebima, A.D., & Ibrohim. (2015). Pengaruh Strategi Problem Based Learning Dipadu Jigsaw Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Koognitif Siswa Kelas X Sma. Jurnal Pendidikan Online, 3 (3), 130-136.
Pujiana, R., Wardhayani, S., & Jaino. (2016). Keefektifan Model Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv. Departement of Primary School Teacher Education. Faculity of Education, Semarang State University.
Purwati. (2014). Meningkatkan Hasil Pemahaman Siswa Melalui Model Cooperatif Tipe Jigsaw pada Pembelajaran IPS di Kelas IV SDN no. 1 Bonemarawa Kecamatan Rio Pakava Kabupaten Donggala. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 3 (4), 174-184.
Safitri, A.D., Morin, J.V., & Larasati, C.N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMAN 1 Prafi Kelas X. Arfak Chem: Chemistry Education Journal.
Setiawan, D., Zubaidah, S. & Mahanal, S. (2015). Pengaruh Penerapan Model Reading Concept Map Think Pair Share Terhadap Minat Membaca, Hasil Belajar, Kemampuan Metakognitif Dan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Dikota Malang.Prosiding Seminar Nasioonal Biologi/ IPA Dan Pembelajarannya.
Tendrita, M., Mahanal, S., & Zubaidah,S. (2017). Pembelajaran Reading-concept-map think pair share (remap TPS) dapat meningkatkan hasil belajar kognitif. Jurnal Pendidikan, 2 (6), 762-767.
Wicaksono, D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Jigsaw Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Kelas IV B Sekolah Dasar Negeri Joglo No.76 Kota Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Slamet Riyadi.
Winarsih. (2015). Pengaruh Teka-Teki Silang (TTS) Biologi Materi Pokok Sistem Gerak Manusia Sebagai Alternatif Latihan Soal Siswa Kelas XI. Fakultas sains dan teknologi universitas islam negeri sunan kalijaga Yogyakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan MIPA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan MIPA that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.