Development of Project based Statistics e-Module with Scratch Assistance to Improve Students' Computational Thinking Skills

Ni Kadek Findayani, I Nengah Suparta, Sariyasa Sariyasa

Abstract


Abstract: This study aims to develop a project-based e-module to improve the computational thinking skills in learning statistics. The research subjects were 15 of eight-grade students in class A and 32 students in class E. The research has succeeded in developing the learning module assisted by Scratch which found to be valid and effective in improving students' mathematical computational thinking skills. This is supported by the validation result of 3.10 with a valid category. Student responses to the e-module obtained an average score of 3.57 in the very practical category. The teacher's response to the e-module obtained a score of 3.40 in the practical category. The effectivity test of the module toward students' mathematical problem solving ability found that n-gain score was 68.93. These results conform that the developed e-module meets the valid, practical and effective criteria.        

 

Keywords: e-module, project based learning, computational thinking.   

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengembangan e-modul project-based learning berbantuan scratch untuk meningkatkan keterampilan berpikir komputasi siswa SMP Neger 2 Kuta. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A yang berjumlah 15 orang serta kelas VIII E yang berjumlah 32 orang. Penelitian yang telah dilaksanakan pada kelas VIII SMP Negeri 2 Kuta ini telah berhasil mengembangkan perangkat pembelajaran meliputi E-Modul berorientasi PjBL berbantuan Scratch yang valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir komputasi matematis peserta didik. Hal ini didukung dengan hasil skor validasi dari para ahli sebesar 3,10 dengan kategori valid. Respon peserta didik terhadap E-Modul diperoleh rata-rata skor 3,57 dengan kategori sangat praktis. Respon guru terhadap E-Modul diperoleh skor 3,40 dengan kategori praktis. Hasil gain score tes kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik sebesar 68,93 tergolong dalam kategori “efektif”. Maka dari hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa E-Modul yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.   

 

Kata kunci: e-modul, project based learning, berpikir komputasi.



DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jpmipa/v24i2.pp516-527

Full Text:

PDF

References


Agung, I. D. G., Suardana, I. N., & Rapi, N. K. (2022). E-Modul IPA dengan Model STEM-PjBL Berorientasi Pendidikan Karakter untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 120. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i1.42657

Amalia, I., & Sujatmiko, B. (2022). Pengembangan E-Modul Berbantuan Flipbook Berbasis Pjbl Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknik Animasi 2D Dan 3D Kelas Xi Multimedia (Studi Kasus: Smkn 2 Singosari). Jurnal IT-EDU, 7(1), 92–99.

Borg, R. W., & Gall, M. D. (2007). Educational Researchand Introduction The. Eight Edition. Pearson Education.

Cahdriyana, R. A., & Richardo, R. (2020). Berpikir Komputasi Dalam Pembelajaran Matematika. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 11(1), 50. https://doi.org/10.21927/literasi.2020.11(1).50-56

Danindra, L. S., & Masriyah. (2020). Proses Berpikir Komputasi Siswa Smp Dalam Memecahkan Masalah Pola Bilangan Ditinjau Dari Perbedaan Jenis Kelamin. MATHEdunesa, 9(1), 95–103. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v9n1.p95-103

Hadi, M. E. (2021). Pengembangan E-Modul Project Based Learning Berbantuan Scratch untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Komputasi Matematika (Issue March).

Hayati, P., & Fauziah, R. N. (2023). Pengembangan E-Modul Eksperimen Fisika Berbasis Project Based Learning. Journal on Education, 05(03), 10728–10734. https://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/1975%0Ahttps://www.jonedu.org/index.php/joe/article/download/1975/1636

Lestari, A. C., & Annizar, A. M. (2020). Proses Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah PISA Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Komputasi. Jurnal Kiprah, 8(1), 46–55. https://doi.org/10.31629/kiprah.v8i1.2063

Nasiba, U. (2022). Brankas Rahasia : Media Pembelajaran Numerasi Berbasis Berpikir Komputasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(2), 521–538. https://doi.org/10.26811/didaktika.v6i2.764

Ningtyas, A. R., Semarang, U. N., & Semarang, K. (2022). Kajian Teori : Pengembangan Bahan Ajar Model Problem Based Learning Bernuansa STEM. Seminar Nasional Matematika, Geometri, Statistika, Dan Komputasi.

Sa’diyyah, F. N., Mania, S., & Suharti. (2021). Pengembangan Instrumen Tes untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Komputasi Siswa. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(1), 17–26. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i1.17-26

Sriwindari, W., Asih, T., & Noor, R. (2022). Pengembangan E- Modul Berbasis Pjbl (Project Based Learning ) Materi Daur Ulang Limbah. Seminar Nasional Pendidikan IPA Tahun 2022, 1(1), 12–20.

Susanto, I. A., Mukminin, A., Anwari, A., & Jalal, M. (2023). Pengembangan E-Modul Perkuliahan Tematik Terpadu Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Aktif Mikir dan Project Based Learning Pada Program Studi Pendidikan Dasar Sumatera Selatan Indonesia. Journal on Education, 05(04), 14414–14423.

Tabesh, Y. (2017). Computational Thinking: A 21st Century Skill. Olympiade in Informaticss.

Tian, X., Li, C., & Zhao, Y. (2021). Investigation on computational thinking of normal students based on technology acceptance model. ACM International Conference Proceeding Series, 303–308. https://doi.org/10.1145/3474995.3475046

Triantoro, M. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Project Based Learning Untuk Membantu Meningkatkan Berfikir Kreatif Mahasiswa. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 14(1), 13–22. https://doi.org/10.35457/konstruk.v14i1.1962

Widana, I. W., & Septiari, K. L. (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Project-Based Learning Berbasis Pendekatan STEM. Jurnal Elemen, 7(1), 209–220. https://doi.org/10.29408/jel.v7i1.3031

Wing, J. M. (2012). Computational Thinking. Computer Science Department.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan MIPA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan MIPA that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.