Development of Augmented Reality Flashcards as an Innovative Learning Media on Linear Motion
Abstract
Abstract This research is a development research that uses the ADDIE Design Research and Development (R and D) model which consists of 5 stages, namely analysis, design, development, implementation, and evaluation. The purpose of this study is to describe the validity and practicality. Augmented reality-assisted flashcards on linear motion material to increase students' learning interest. Product validity was assessed by 3 experts consisting of aspects of material and construct assessment as well as aspects of media and design assessment with an overall average score of 3.64 with a very valid category. The practicality of the product is assessed from the readability aspect and the teacher's perception aspect by obtaining an overall average percentage of 95 percent in the very practical category. Based on the analysis of the results of the data, it was concluded that the product resulting from the development of augmented reality-assisted flashcards on linear motion material was valid and practical to increase students' interest in learning.
Keywords flashcards, augmented reality, learning interest, linear motion.
Abstrak Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan Desain Research and Development (R dan D) model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan kevalidan dan kepraktisan. Flashcards berbantuan augmented reality pada materi gerak lurus untuk meningkatkan minat belajar peserta didik. Kevalidan produk dinilai oleh 3 orang ahli yang terdiri dari aspek penilaian materi dan konstruk serta aspek penilaian media dan desain dengan hasil skor rata-rata keseluruhan 3,64 dengan kategori sangat valid. Kepraktisan produk dinilai dari aspek keterbacaan dan aspek persepsi guru dengan memperoleh persentase rata-rata keseluruhan sebesar 95 persen dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan analisis hasil data disimpulkan bahwa produk hasil pengembangan flashcards berbantuan augmented reality pada materi gerak lurus telah valid dan praktis untuk meningkatkan minat belajar peserta didik.
Kata kunci flashcards, augmented reality, minat belajar, gerak lurus.
Full Text:
PDFReferences
REFERENCES
I., & Widyaningsih, S.W. 2017. Hubungan antara Motivasi Berprestasi dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Fisika. Prosiding Seminar Nasional, 3(1), 177-187.
Ali, Z., Wahyuningsih, D., & Supurwoko. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Video Berbasis Android Materi Pemanasan Global Kelas X. Jurnal Matematika dan Pembelajaran Fisika, 11(1), 37-46.
Dick, W., Carey, L. & Carey, J.O. 1996. The Systematic Design of Introction. Florida.
Fitriyana, N., Ningsih, K., & Panjaitan, R. G. P. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Savi Berbantuan Media Flashcard untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan, 18(1), 13-27.
Kholiq, A. 2020. Development of B D F-AR 2 (Physics Digital Book Augmented Reality) to Train Students’ Scientific Literacy on Global Warming Material. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 8(1), 50-58.
Launin, S., Nugroho, W., & Setiawan, A. 2022. Pengaruh Media Game Online Wordwall untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(3), 216-223.
Manalu, J. B., Sitohang, P., Turnip,N. H. H. 2022. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 80-86.
Nurmaulidina, S., & Bhakti, Y. B. 2020. Pengaruh Media Pembelajaran Online dalam Pemahaman dan Minat Belajar Siswa pada Konsep Pelajaran Fisika. ORBITA. Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(2), 248-251.
Nursyam, A. 2019. Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan, 18(1), 811-819.
Priantini, A., Sugiarti., Ambarsari, B., & Nisa. I. N. 2022. Kompetensi Pedagogik Guru SMA dalam Menerapkan Pembelajaran Multiliterasi sebagai Wujud Merdeka Belajar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(5), 6823-6831.
Ratumanan, T.G. & Laurent. T., 2011. Penilaian Hasil Belajar pada Tingkat Satuan Pendidikan Edisi 2. Unesa University Press.
Safitri, A. O., Yunianti, V. D., & Rostika, D. 2022. Upaya Peningkatan Pendidikan Berkualitas di Indonesia: Analisis Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGS). Jurnal Basicedu, 4(6), 7096-7106.
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Wibowo, A. 2018. Peningkatan Pemahaman Materi Gerak Lurus Berubah Beraturan pada Mata Pelajaran IPA Terpadu dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Problem Solving. Jurnal PINUS, 4(1), 1-6.
Wicaksana, I. P.G.C.R., Agung, A. A. G., Jampel, I. N. 2019. Pengembangan E-Komik dengan Model tentang Perjuangan Persiapan Kemerdekaan Indonesia. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 7(2), 48-59.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan MIPA that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.