Effectiveness of Interactive Learning and Discovery Learning Models on Student Learning Outcomes and Activities in Environmental Change
Abstract
Abstract This study aims to determine the differences in student learning activities and outcomes in environmental change materials using interactive learning and discovery learning models. The research method used was a quasi-experimental research with a pretest posttest non-equivalent control group design. Retrieval of data using cluster random sampling method. The total sample of 64 students came from class X IPA 3 which applied the interactive learning model and class X IPA 4 which applied the discovery learning model. The results showed that there were differences in student learning activities in the two classes. Information was obtained in the interactive learning class that the learning activity criteria were very good in all aspects observed, while in the discovery learning class there was one aspect that had very good criteria and five other aspects had good criteria. Based on the results of the analysis N-Gain shows that there are differences in student learning outcomes for the two classes observed. In the interactive learning class the N-Gain value reaches 0.70 (high category) in the discovery learning class reaches 0.46 (medium category).
Keywords interactive learning, discovery learning, learning activities, and learning outcomes.
Abstrak Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi perubahan lingkungan menggunakan model interactive learning dan discovery learning. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi experimental researach dengan desain penelitian pretest posttest Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan data menggunakan metode cluster random sampling. Jumlah sampel 64 siswa berasal dari kelas X IPA 3 yang diterapkan model interactive learning dan kelas X IPA 4 yang diterapkan model discovery learning. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan aktivitas belajar siswa pada kedua kelas, diperoleh informasi pada kelas interactive learning kriteria aktivitas belajar sangat baik pada semua aspek yang diaamati sedangkan kelas discovery learning terdapat satu aspek yang memiliki kriteria sangat baik dan lima aspek lainnya memiliki kriteria baik Berdasarkan hasil analisis N-Gain menunjukkan hasil belajar siswa terdapat perbedaan untuk kedua kelas yang di amati. Pada kelas interactive learning, nilai N-Gain mencapai 0,70 (kategori tinggi) pada kelas discovery learning mencapai 0,46 (kategori sedang).
Kata kunci interactive learning, discovery learning, aktivitas belajar, dan hasil belajar.
Full Text:
PDFReferences
Alfianti, R. A., Suprapta, B., & Andayani, S. E. 2019. Model Pembelajaran Interaktif dan Keterampilan Sosial terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Pembelajaran Sejarah di SMA. Jurnal Pendiidikan, 4(7), 938–943.
Ananda, R. 2019. Perencanaan Pembelajaran. Medan:LPPI.
Cintia, I.., Kristin, F., & Anugraheni, I.,. 2017. Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Perspektif, 32(1) 69-77.
Masdsriah., B & Nurhayati., Rachmawaty. Kajian Deskriptif Model Discovery Learning Meningkatkan Motivasi Belajar, Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Biologi dan pembelajarannya. Makasar:UNM.
Mukaramah, M., Kustina, R., & Rismawati. 2020. Menganalisis Kelebihan Dan Kekurangan Model Discovery Learning Berbasis Audiovisual Dalam Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 1(1), 1–9.
Murdiana, I. N. 2014. Model Pembelajaran Interaktif Seting Kooperatif dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Kreatif Todulako Online, 2(4), 385–406.), 385–406.
Nasution, M. K. 2017. Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. 11(1), 9–16.
Nugraha, S. A., Sudiatmi, T., & Suswandari, M. 2020. Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV. Inovasi Penelitian, 1(3).
Pratama, F. A., Al-Ghozali, M. I., & Ahmad, G. 2020. Model Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran IPS Tentang Sumber Daya Alam di Sekolah Dasar Interactive Learning Model to Increase Student Activities in Social Studies Learning About Natural Resources in Elementary Sc. Action Research Journal Indonesia, 2(2), 116–125.
Ratminigsih, N. M. 2010. Penelitian Eksperimental Dalam Pembelajaran Bahasa Kedua. Prasi, 6(11), 3–40.
Saraswati, N. fathia, & Djazari, M. 2018. Implementasi Metode Pembelajaran Small Group Discussion Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Pada Kompetensi Dasar Jurnal Penyesuaian Siswa Kelas X Akuntansi Smk Muhammadiyah Kretek Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Akuntasi Indonesia, XVI(2), 15–23.
Siregar, W. D., & Simatupang, L. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran PBL Terhadap Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Asam Basa. Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia, 2(2), 91–96.
Sofiah, S. 2018. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Interaktif Berbasis Aktivitas Pada Mata Pelajaran PKn Kelas VI SD Negeri 111/IX Jaluko Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal PGSD, 11(2), 91–99.
Sumiyati, Elfa. 2017. Penggunaan Model Pembelajaran Interaktif Berbasis Aktivitas untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VI Pada Pelajaran PKN SD Negeri 09 Kabawaten. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2), 66-72.
Sudarisman, S. 2015. Memahami Hakikat Dan Karakteristik Pembelajaran Biologi Dalam Upaya Menjawab Tantangan Abad 21 Serta Optimalisasi Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Florea, 2(1), 29–35.
Tayeb, T. 2017. Analisis dan Manfaat Model Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(2), 48–55.
Wahyudi & Siswanti, Mia Christy.2015. Pengaruh Pendekatan Saintifik Melalui Model Disocvery Learning dengan Permainan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Scholaria, 5(3). 23-36.
Wahyuningsih, R. 2020. Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa STKIP PGRI Jombang. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(3), 512.
Widiantono, N., & Harjono, N. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas 5sd. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(3), 199–213.
Wirejati. 2019. Refleksi Metodologi Tindakan Kelas Dalam Peningkatan Mutu Hasil Belajar Siswa Kelas IX.A SMPN 7 Pujut Pada Materi Sistem Ekskresi Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions. Paedagogy, 6(2), 59–65.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan MIPA that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.