Digital Teaching Materials using Comprehensive Mathematics Instruction Model for Interactive Mathematics Learning
Abstract
Abstract The Ministry of Education and Culture found that the Covid-19 pandemic had caused a significant literacy and numeracy learning loss. The comprehensive mathematics instruction (CMI) model has a pedagogical prescription that is proven to be effective in improving students' mathematical thinking skills. This model can be developed into a digital teaching material that can support interactive learning. This study aims to build digital teaching materials using the CMI model that can support interactive mathematics learning. The research method used is research and development (R and D). The results of this study are in the form of a product named CMI Agent which is the result of the transformation of the CMI model teaching materials into LMS-based digital technology with interactive designs. Based on the studies that have been carried out, it is concluded that CMI Agent can support interactive mathematics learning.
Keywords comprehensive mathematics instruction, teaching materials, research and development.
Abstrak: Kemdikbudristek menemukan bahwa pandemi Covid-19 telah menimbulkan kehilangan pembelajaran (learning loss) literasi dan numerasi yang signifikan. Model comprehensive mathematics instruction (CMI) memiliki preskripsi pedagosis yang terbukti efektiif dalam meningkatkan kemampuan mathematical thinking siswa. Model ini dapat dikembangkan menjadi sebuah bahan ajar digital yang dapat mendukung pembelajaran interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk membangun bahan ajar digital menggunakan model CMI yang dapat mendukung pembelajaran matematika interaktif. Metode riset yang digunakan adalah research and development (R dan D). Hasil penelitian ini berupa produk yang diberi nama CMI Agent yang merupakan hasil transformasi bahan ajar model CMI ke dalam teknologi digital berbasis LMS dengan desain interaktif. Berdasarkan kajian yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa CMI Agent dapat mendukung pembelajaran matematika secara interaktif.
Kata kunci pembelajaran matematika konstruktif, bahan ajar, penelitian dan pengembangan.
Full Text:
PDFReferences
Amri, C., Jaelani, A., & Saputra, H. (2021). Peningkatan literasi digital peserta didik: Studi pembelajaran menggunakan e-learning. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 546–551.
Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat, S. K. (2021). Dorong Pemulihan Pembelajaran di Masa Pandemi, Kurikulum Nasional Siapkan Tiga Opsi. Iaran Pers Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor: 810/Sipres/A6/XII/2021. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/12/dorong-pemulihan-pembelajaran-di-masa-pandemi-kurikulum-nasional-siapkan-tiga-opsi
Delima, N. (2020). Model Comprehensive Mathematics Instruction (CMI) dalam Pembelajaran Matematika. Unsub Press. https://www.researchgate.net/publication/347561672_MODEL_COMPREHENSIVE_MATHEMATICS_INSTRUCTION_CMI_DALAM_PEMBELAJARAN_MATEMATIKA
Delima, N., Kusumah, Y. S., & Fatimah, S. (2019). Improving mathematics self-concept through comprehensive mathematics instruction model. Journal of Physics: Conference Series, 1315(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1315/1/012076
Delima, N., Kusumah, Y. S., & Fatimah, S. (2021). Capaian Kemampuan Mathematical Thinking Siswa melalui Model Comprehensive Mathematics Instructions. Jurnal Elemen, 7(1), 146–163. https://doi.org/10.29408/jel.v7i1.2793
Gustiani, S. (2019). Research and Development ( R & D ) Method as a Model Design in Educational Research and Its Alternatives. Holistics Journal, 11(2), 13–14. https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/holistic/article/view/1849/892
Hastini, L. Y., Fahmi, R., & Lukito, H. (2020). Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia? Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 10(1), 12–28. https://doi.org/10.34010/jamika.v10i1.2678
Kemendikbud. (2019). Ringkasan Eksekutif Hasil Ujian Nasional 2019 Masukan untuk Pembelajaran di Sekolah SMA/MA. https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/#2019!sma!soal_release!02&99&999!s&T&T&T&1&!1!&
Limanseto, H. (2021). Menko Airlangga: Pengembangan Ekonomi Digital di Indonesia, Tidak Hanya Target Pasar Tapi Harus Jadi Pemain Global. KEMENTERIAN KOORDINATOR BIDANG PEREKONOMIAN REPUBLIK INDONESIA SIARAN PERS HM.4.6/385/SET.M.EKON.3/10/2021. https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/3433/menko-airlangga-pengembangan-ekonomi-digital-di-indonesia-tidak-hanya-target-pasar-tapi-harus-jadi-pemain-global
Minalti, M. P., & Erita, Y. (2021). Penggunaan Aplikasi Nearpod Untuk Bahan Ajar Pembelajaran Tematik Terpadu Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 3 Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 2231–2246.
Nasrullah, R., Aditya, W., Satya, T. I., Nento, M. N., Hanifah, N., Miftahussururi, & Akbari, Q. S. (2017). Materi Pendukung Literasi Digital: Gerakan Literasi Nasional. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/wp-content/uploads/2017/10/cover-materi-pendukung-literasi-finansial-gabung.pdf
OECD. (2019a). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. In OECD Publishing. OECD Publishing. https://www.oecd-ilibrary.org/docserver/9789264190511-en.pdf?expires=1569847112&id=id&accname=guest&checksum=08AEA3FD9105123D4555A383BD097B5E
OECD. (2019b). PISA 2018 Results. Combined Executive Summaries. OECD Publishing. www.oecd.org/about/publishing/corrigenda.htm.
Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh), 4(2), 30–36.
Pratiwi, I. (2019). Efek Program Pisa Terhadap Kurikulum Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(1), 51. https://doi.org/10.24832/jpnk.v4i1.1157
Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin), K. (2021). TIK Jadi Alat bagi Pendidik Perkuat Nilai Budaya dan Penguatan Karakter. Siaran Pers Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor: 761/Sipres/A6/XII/2021. https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/tik-jadi-alat-bagi-pendidik-perkuat-nilai-budaya-dan-penguatan-karakter/
Pusmenjar. (2020a). AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran. PUSAT ASESMEN DAN PEMBELAJARAN BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN DAN PERBUKUAN KEMDIKBUD.
Pusmenjar. (2020b). Desain Pengembangan Soal Asesmen Kompetensi Minimum. PUSAT ASESMEN DAN PEMBELAJARAN BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN DAN PERBUKUAN KEMDIKBUD.
Ramdhani, T., Suharta, I. G. P., & Sudiarta, I. G. P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Hybrid Learning Berbantuan Schoology untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMAN 2 Singaraja. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 11(2), 2613–9677. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPM/article/view/24967
Setyaningsih, R., Abdullah, A., Prihantoro, E., & Hustinawaty, H. (2019). Model Penguatan Literasi Digital Melalui Pemanfaatan E-Learning. Jurnal ASPIKOM, 3(6), 1200. https://doi.org/10.24329/aspikom.v3i6.333
Stacey, K. (2006). What is Mathematical Thinking and Why Is It Important? https://www.researchgate.net/publication/254408829
Susanto, T. A. (2021). Pengembangan E-Media Nearpod melalui Model Discovery untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Dasar. Basicedu, 5(5), 2–3. https://jbasic.org/index.php/basicedu
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan MIPA that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.