Human Digestive System Gender-Based Contextual Teaching and Learning

Yakobus Bustami, Yuniarti Essi Utami, Markus Iyus Supiandi, Nyeria Elisabeth

Abstract


Abstract The human digestive system is one of the materials taught to junior high school students. This research purpose was to determine the gender-based contextual (CTL) effect on biology students cognitive learning outcomes. This research used quasi-experimental design with pretest-posttest nonequivalent control group design. Data analysis used descriptive statistical and inferential statistics. The analysis results show that there was significant effect of using the CTL learning model on students' cognitive learning outcomes on the human digestive system material with sig value was 0.000 more than 0.05. Regarding gender, there is no significant effect on cognitive learning outcomes on the human digestive system material with sig value was 0.764 more than 0.05. There is no significant effect of the interaction of learning models and gender on cognitive learning outcomes on the human digestive system material with sig value was 0.960 more than 0.05. Thus, the CTL learning model can improve the cognitive learning outcomes students who have gender characteristics.  

 

Keywords human digestive system, contextual teaching and learning, cognitive learning outcomes, gender.   

 

Abstrak Sistem pencernaan manusia merupakan salah satu materi yang diajarkan kepada siswa SMP. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis gender terhadap hasil belajar kognitif siswa biologi. Penelitian ini menggunakan eksperimen semu dengan desain pretest-posttest nonequivalent control group design. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran CTL terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem pencernaan manusia dengan nilai sig. 0,000 kurang dari 0,05. Terkait jenis kelamin, tidak terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar kognitif pada materi sistem pencernaan manusia dengan nilai sig 0,764 lebih dari 0,05. Tidak terdapat pengaruh yang signifikan interaksi model pembelajaran dan gender terhadap hasil belajar kognitif pada materi sistem pencernaan manusia dengan nilai sig 0,960 lebih dari 0,05 Dengan demikian, model pembelajaran CTL dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa yang memiliki karakteristik gender.  

 

Kata kunci sistem pencernaan manusia, pengajaran dan pembelajaran kontekstual, hasil belajar kognitif, gender.


DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jpmipa/v23i4.pp1548-1560


Full Text:

PDF

References


Apriyono, F. (2016). Profil Kemampuan Koneksi Matematika Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Gender.Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5 (2), 159-168.

Avila, S., Susriyati, M., & Siti, Z. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Biologi Berbasis Reading-Concept Map-Cooperative Script dan Gender terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Malang. Pros. Seminar Pend. IPA Pascasarjana UM, 2.

Bahri, S. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL)Tipe Inquiry Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Islam, 8 (I), 45-59.

Bustami, Y., D. Syafruddin., & R. Afriani. (2018). The Implementation Of Contextual Learning To Enhance Biology Students’ Critical Thinking Skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7 (4), 451-457.

Darmawan, E., Yuli, B., Siti, Z., & Murni, S. (2018). Meningkatkan Keterampilan Metakognitif Siswa Berbeda Gender dengan Model Pembelajaran Simas Eric di SMAN 6 Malang. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi (BIOSFERJPB), 11 (1), 47-56.

Fadillah, F.N., Regina L,P., & Riana, I. (2016).Pengaruh Mode Learning Cycle dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gaya Magnet. Jurnal Pena Ilmiah, 1 (1), 521-530.

Fauji, A.R. (2015). Penerapan Metode Pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) terhadapMinat dan Hasil Belajar Tik di SMA N 1 Rembang. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Hadi, M.S., Suhadi, I., & Yahmin. (2015). Pengaruh Kelompok Peminatan Mata Pelajaran dan Gender terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Ilmiah Siswa pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Pendidikan Sains, 3 (1).

Hendriawan, H. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Rangka Dan Panca Indera Manusia (Penelitian Kuasi Eksperimen di Kelas IV MI Al-Washliyah Jakarta. Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Hodiyanto, H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis ditinjau dari Gender. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4 (2), 219-228.

Hutama, F.S. (2015). Pengaruh Model PBL melalui Pendekatan CTL terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Purwodadi I Kecamatan Blimbing Kota Malang pada Mata Pelajaran IPS. ©Pancaran, 4 (2).

Indrawati, N & Nurfaidah, T. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah berdasarkan Tingkat Kompleksitas Masalah dan Perbedaan Gender. Jurnal Saintifik, 2 (1), 16-25.

Khairunnisa, R & Nining S. (2017). Analisis Metakognisi Siswa dalam Pemecahan Masalah Aritmatika Sosial Ditinjau dari Perbedaan Gender. Prosiding, 465-474.

Kistian, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri Langung Kabupaten Aceh Barat. Bina Gogik, 5 (2).

Masrida., Yusminah, H., & Taiyeb, A.M. (2016).Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar IPA Kelas VIII MTSN Libureng Kabupaten Bone. Jurnal Bionature, 17 (2), 81-87.

Naimnule, L., Vinsensius,O., & Vinsensia U.R.S. (2016). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) di SMUK. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan,1 (10), 2050-2053.

Nurjanah, A.S. (2015). Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Biologi Siswa Kelas VII MTs Negeri Yogyakarta II. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Pradana, R.W & Endryansah. (2014). Studi Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik di SMK Negeri1 Madiun. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 03 (03).

Rahmawati. T. (2018). Penerapan Model Pembelajaran CTL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran PPs Universitas Pendidikan Ganesha,2 (1).

Ramadhan, F., Susriyati, M., & Siti, Z. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Melalui Model Pembelajaran Biologi Remap Stad. Jurnal Pendidikan:Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2 (5), 610-615.

Ridwanulloh, A., Asep, K.J., & Ali, S. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Materi Pesawat Sederhana. Jurnal Pena Ilmiah, 1 (1).

Rokhma, E.M. (2014). Pengaruh Penerapan Model CTL (Contextual Teaching and Learning) dalam Pembelajaran Sains terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Kelas V MI Ma’arif Bego. Tesis. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Rosyida, F., Siti, Z., & Susriyati, M. (2016). Keterampilan Metakognitif Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Dengan Pembelajaran Reading Concept Map-Timed Pair Share (Remap-Tmps). Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1 (4).

Rosyida, F., Siti, Z., & Susriyati, M. (2016). Memberdayakan Keterampilan Berpikir Kritis dengan Model Pembelajaran Remap TmPS (Reading Concept Map Timed Pair Share). Proceeding Biology Education Conference, 13 (1), 209-214.

Rumaini, O. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Fungi di SMA Negeri 2 Muara Kuang Kabupaten Ogan Ilir. Skripsi. Palembang: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

Setyawan, A & Leonard. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika ISSN: 2581-0812.

Sumiati, I.D., Susriyati, M., & Siti, Z. (2018). Potensi Pembelajaran RICOSRE pada Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas XI. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan,3 (10), 1319-1322.

Suprijono, A. (2009). Coopertative Learning Teori dan Aplikasi PIKEM. Jogjakarta: Pustaka Belajar.

Susialita, T. (2016). The Development Of Audio-Visual Student Portfolios (LKS) Contextual Teaching And Learning-Based (CTL) On Sound Chapter Of Science Subject For Deaf Students. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5 (2), 192-198.

Susiloningsih, W. (2016). Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa PGSD Pada Matakuliah Konsep IPS Dasar. Jurnal Pedagogia ISSN 2089-3833, 5 (1).

Widiawati, R. (2016). Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Berdasarkan Gender Kelas VIII di MTS Negeri Tanjunganom. Skripsi. Kediri: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Nusantara Persatuan Guru Republik Indonesia.

Wulandari, P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas V di MIN 8 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi. Lampung: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan MIPA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan MIPA that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.